Download Source Code Aplikasi

7 Alternatif Software Code/Text Editor Gratis Untuk Programmer

Thursday, July 20th, 2017 - Download Aplikasi, Tutorial

Saat ini kebutuhan akan text/code editor adalah keniscayaan dalam membangun sebuah aplikasi. Dan saat ini telah ada begitu banyak model text editor baik yang berbayar maupun gratisan. Dengan menggunakan text editor tentu pekerjaan developer atau seorang programmer menjadi jauh lebih mudah dan efisien. Ini dikarenakan semakin banyaknya fitur-fitur yang dihadirkan oleh setiap aplikasi text editor.

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi informasi terkait jenis aplikasi text editor gratisan kepada sobat source code aplikasi. Meskipun gratisan atau open source, tapi memiliki fitur-fitur yang sangat membantu dalam penulisan code atau script, dan telah menunjang berbagai ekstensi file. Adapun masalah mana aplikasi text editor yang terbaik, itu tergantung menurut kenyamanan pengguna masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa alternatif text/code editor yang dapat anda jadikan pilihan :

Sublime Text

Ini adalah salah satu text editor terbaik dan favourite para programmer, termasuk admin. Dengan update terbaru, ada begitu banyak kemudahan yang dihadirkan dalam fitur-fitur aplikasi ini. Sublime Text tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Sublime Text juga memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API.

Sublime Text juga telah support untuk sistem operasi OS, Windows dan Linux.

Download Sublime Text

Atom

Atom juga adalah salah satu text editor favorit para programmer dan developer software dan aplikasi. Dari segi tampilan atau antar muka, Atom ini hampir sama dengan Sublime Text, karna memang aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Github ini menjadikan Sublime Text sebagai referensi.

Selain free dan open source Atom text editor dapat di instal di beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Download Atom

Brackets
Brackets adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe, yang juga adalah Code Editor gratis dan open source yang telah terkenal dikalangan programmer dan web developer. Seperti halnya dengan Sublime Text dan Atom text editor,  Brackets juga sangat menarik untuk digunakan, namun dari tujuan pembuatannya, Bracket lebih khususkan  kepada perancangan web design dan front-end development.

Salah fitur yang sangat menarik menurut kami pada Brackets adalah fitur Extract, dengan fitur ini Anda dapat mengekstrak informasi langsung dari PSD seperti warna, font, gradien, dan CSS. Bracket juga memiliki fitur andalan lainnya, yaitu live preview, quick edit color dan css untuk memudahkan perancangan web, juga mendukung extension. Bracket juga dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

Download Brackets
Notepad++
Text editor ini adalah salah satu aplikasi text/code editor yang paling populer, salah satu penyebabnya mungkin karena aplikasi ini adalah aplikasi text editor yang cukup tua, dan tidak asing bagi pengguna windows. Notepad++ juga adalah aplikasi text editor yang dibagikan secara gratis dan memiliki fitur-fitur yang tidak kalah menarik dari aplikasi lainnya, diantaranya adalah : Auto Completion , Multiview, MultiDocument, Brace & Indent, Drag & drop, Syntax Mewarnai. Notepad++ juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti, C, C++, C#, COBOL, CSS, Fortran, Haskell, HTML, Java, Javascript, PHP dan masih banyak lainnya.

ICEcoder
Berbeda dengan aplikais text editor di atas, ICEcoder adalah aplikasi text editor berbasis browser. Jadi anda bisa langsung mengedit source code melalui browser anda, dan dapat digunakan dalam kondisi ofline maupun online. ICEcoder juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti : HTML, CSS, Javascript, PHP, Ruby, Php, Java dan lainnya.
Download ICEcoder
Bluefish
Bluefish adalah Text Editor serbaguna yang ditujukan bagi web developer dan programmer lainnya. Bluefish adalah aplikasi gratis yang support banyak kode dan bahasa markup, dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang berguna untuk digunakan di banyak platform.
Platforms : Windows, Linux, Mac OS X, OpenBDS, FreeBSD. Salah satu kelebihan Bluefish adalah aplikasinya sangat ringan dijalankan dan juga terdapat fitur FTP/SFTP/HTTP/HTTPS/dll. Dan kekurangannya adalah dari segi tampilan yang tidak terlalu menarik. Meskipun demikian Bluefish adalah salah satu aplikasi text editor yang banyak diminati dan digunakan para programmer di dunia.
Download Bluefish

Light Table

Light Table adalah aplikasi text editor yang tak kalah menarik dan canggihnya dengan aplikasi-aplikasi terkenal lainnya. Dengan tampilan yang modern dan fitur-fitur yang inovatif, Light Table menjadi salah satu aplikasi Code Editor yang banyak digunakan. Seperti text editor pada lainnya, Light Table juga mendukung beragam bahasa pemrograman. Namun, memiliki integrasi khusus untuk beberapa bahasa pemrograman, yakni Clojure, JavaScript, HTML, dan CSS.

Download Light Table

Demikianlah sobat source code aplikasi tentang aplikasi text/code editor yang dapat kami share pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan pilih aplikasi text editor yang bagus menurut anda, dan yang terpenting tetap semangat kembangkan skill coding kita, karna meskipun text editornya canggih, kalau skill nya juga kurang, pasti juga jadi kurang semangat.hehe.

Download Source Code Aplikasi
7 Alternatif Software Code/Text Editor Gratis Untuk Programmer | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!