Download Source Code Aplikasi

Algoritma Ant Colony System Dalam Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar

Thursday, January 7th, 2016 - Skripsi TIK

Penyusunan jadwal mata pelajaran adalah masalah yang ditemukan pada setiap awal tahun ajaran baru oleh setiap sekolah. Penjadwalan merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran pada setiap sekolah. Pada proses penjadwalan banyak batasan yang terlibat untuk menghasilkan jadwal yang sesuai untuk sekolah dan guru. Komponen dasar yang terdiri dari guru, mata pelajaran, ruangan dan waktu harus dapat dijadwalkan dengan efektif dan bebas dari bentrok.

skripsi-pdf

Penelitian ini menggunakan data Sekolah Dasar Sultan Agung Pematangsiantar tahun ajaran 2010/2011. Selama ini penyusunan jadwal mata pelajaran dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Tugas akhir ini membahas penggunaan algoritma Ant Colony System dalam menyelesaikan penjadwalan mata pelajaran secara otomotis.

Algoritma Ant Colony System merupakan salah satu variasi dari Ant Colony Optimization (ACO). Algoritma ini adalah salah satu jenis algoritma meta-heuristic yang telah digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kombinatorial. Algoritma ini meniru tingkah laku semut ketika mereka berada dalam koloni untuk mencari sebuah sumber makanan.

Program ditulis dengan menggunakan Visual Basic 6.0, Database Management System Microsoft SQL Server 2000 dan Crystal Report. Dari hasil pengujian diperoleh hasil jadwal mata pelajaran bebas konflik.

Files in This Item:

File Description Size Format
Cover.pdf Cover 520.37 kB Adobe PDF Download
Abstract.pdf Abstract 442.71 kB Adobe PDF Download
Chapter I.pdf Chapter I 451.43 kB Adobe PDF Download
Chapter II.pdf Chapter II 611.31 kB Adobe PDF Download
Chapter III-V.pdf Chapter III-V 1.39 MB Adobe PDF Download
Reference.pdf Reference 460.41 kB Adobe PDF Download
Appendix.pdf Appendix 626.39 kB Adobe PDF Download
(Telah didownload 428 kali, 1 kali dibaca hari ini)
Download Source Code Aplikasi
loading...
Algoritma Ant Colony System Dalam Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!