Download Source Code Aplikasi

Belajar Bahasa Pemrograman Cobol

Monday, September 30th, 2019 - COBOL

http://sourcecodeaplikasi.info/

Mari Belajar Bahasa Pemrograman COBOL

Pendahuluan

Bahasa Pemrograman COBOL (Common Busines Oriented Language) merupakan salah satu bahasa pemrograman computer ( Computer Language ) tingkat tinggi  / high level language yang diciptakan pada tahun 1959,  Bahasa Pemrograman COBOL ini pertama kali diperkenalkan secara formal, Versi yang dikenalkan ialah COBOL -60 pada bulan Januari 1960 dan diperbarui pada Thn 1965. Bahasa pemrograman Cobol sengaja dirancang untuk digunakan terutama guna menuntaskan duduk perkara bisnis dengan  antuan computer. Dengan demikian bahasa pemrograman Cobol memang cocok sekali kalau digunakan untuk menuntaskan duduk perkara dalam dunia perbisnisan. Contohnya, Apabila dalam suatu perusahaan  akan menciptakan suatu system pembayaran honor  bagi kariawannya, memberi intruksi kepada computer mengenai mana yang dibayar, berapa besar gajinya, kapan waktu pembayarannya, dan sebagainya, maka dengan lebih baik ditulis dengan bahasa pemrograman COBOL.
Dalam penampilannya bahasa pemrograman COBOL memakai bahasa inggris . Seperti : Data, File, Add, Move, Record, Write, Select, Dan sebagainya. Kata-kata ini Disebut COBOL Reserved Word dimana kita harus meletakan kata tersebut secara tepat, alasannya sudah mempunyai arti-arti tertentu, Dan bagi para pemrogram COBOL bias menyisipkan atau menyimpan kata-kata dalam sebuah programnya yang biasa disebut programer’s words seperti: Gajih, Upah, Tunjangan,Harga-penjualan, Kerugian-Perusahaan, Dan sebaginya. Dalam pembuatan kata-kata programer’s words ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Yaitu Seorang pemrogram dapat memastikan bahwa  kata tersebut bukan merupakan salah suatu  dari  reserved word, contohnya SAVE, PROCESSING, WRITE dan sebagainya. Syarat selanjutnya yang harus diperhatikan ialah  banyaknya aksara ( Symbol, Angka, Huruf) jangan terlalu panjang dan biasanya jangan melebihi dari 30 karakter.

Bahasa pemrogram COBOL merupakan aktivitas terstruktur 

Data terstruktur dalam pemrograman COBOL

  1. IDENTIFICATION DIVISION 
  2. ENVIRONMENT DIVISION 
  3. DATA DIVISION 
  4. PROCEDURE DIVISION 

Identification division untuk pengindentifikasian pembuat program, tanggal pembuatan, dll
Environment division untuk warta keadaan komputer yg dipakai.
Data division untuk warta mengenai bentuk dan jenis data yang digunakan.
Procedure division untuk memuat procedure pemrosesan data.

Untuk klarifikasi lebih detail ihwal aktivitas terstruktur nanti akan di jelaskan pada dikala menciptakan aktivitas dengan bahasa COBOL semoga lebih gampang dipahami,

Sekian poestingan pertama untuk Belajar Bahasa Pemrograman COBOL semoga bermanaat ?

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 1 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Belajar Bahasa Pemrograman Cobol | admin | 4.5


error: Content is protected !!