Download Source Code Aplikasi

Belajar Dasar HTML Part 12 – Cara Membuat Daftar atau List Pada HTML (tag ul, ol, li)

Sunday, February 12th, 2017 - Html

Belajar Dasar HTML Part 12 – Cara Membuat Daftar atau List Pada HTML (tag ul, ol, li)

Disini kita akan menciptakan List, dimana list dipakai untuk menciptakan daftar hidangan menyerupai sub hidangan pada suatu website. Untuk mempelajaari lebih lanjut silakan simak pembelajaran kita, sebagai berikut:

Pengertian Daftar atau List Pada HTML

List merupakan bab teks yang kita gunakan untuk menciptakan daftar dukumen dan juga pengelompokan atau grup tertentu dalam suatu kategori. List pada HTML mempunyai cara sendiri dalam mengurutkan item item pada suatu dokumen. Agar lebih paham daftar List mempunyai beberapa Tag diantaranya yaitu:

  • List Tidak Berturut (Unordered List), atau yang disebut tag <ul> dimana ututannya diawali dengan peluru hitam.
  • List berturut (Ordered List), atau yang disebut tag <ol> dimana ututannya diawali dengan nomor ataupun dengan huruf.
  • List defenisi (Definition List), atau disebut dengan tag <dl> dimana fungsinya untuk memutuskan istilah dan definisinya.

Agar lebih paham untuk memakai tag-tag diatas sanggup kita gunakan beberapa pola penerapan yang sesuai. Sebelum masuk ke bab pembelajaran kita ada baiknya untuk mengenal tag <li> (list item) dimana gunanya untuk penempatkan baris kalimat diantara tag pemubuka <li> dan tag epilog </li> .Untuk itu simak sebagai berikut:

Menggunakan Tag <ul> Pada HTML

Tag <ul> ialah tag tidak berurutan yang selalu diawali dengan lingkarang peluru setiap barisan kalimat yang ada. Untuk penulisannya diawali dengan tag pembuka <ul>, tag pembuka <li>, tag epilog </li>, dan tag epilog </ul>. Untuk itu lihat pola aba-aba HTML dibawah ini:

Kode Penggunaan Tag</p>
<ul>

Maka jadinya ketika di web browser

Menggunakan Tag <ol> Pada HTML

Tag <ol> ialah tag yang berurutan yang setiap itemnya diberikan nomor. Kita sanggup menulis tag <ol> dengan tag pembuka <ol>, tag pembuka <li>, tag epilog </li>, dan tag epilog </ol>. Untuk itu lihat pola aba-aba yang telah ditetapkan:

Kode Penggunaan Tag</p>
<ol>

Maka jadinya ketika di web browser

Membuat List Bersarang Pada HTML

Dimana kita memakai list bersarang untuk menciptakan sub menu, pada suatu halaman web niscaya mempunyai list bersarang untuk menciptakan hidangan kategori yang sesuai impian masing masing. Untuk menciptakan list bersarang kita sanggup memakai tag <ul> dan <ol> sebagai penggunaan list bersarang. Lihat pola sederhana dalam penggunaannya sebagai berikut:

Kode Membuat List Bersarang

Maka hasinya ketika di web browser

Itulah penggunaan tag <ul>, <ol>, dan list bersarang. Untuk mengenal lebih dalam ihwal list lihat pembelajaran kita selanjutnya yaitu mengenal list definisi.

Pemberitahuan: Di pembelajaran kita kali ini memang tidak ada membahas ihwal tag <dl>, dimana tag <dl> akan kita gunakan untuk pembelajaran selanjutnya yaitu list definisi untuk mengulas tag <dl>. Untuk itu klik selanjutnya untuk menuju Penggunaan List Definisi.

 

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 3 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Belajar Dasar HTML Part 12 – Cara Membuat Daftar atau List Pada HTML (tag ul, ol, li) | admin | 4.5


error: Content is protected !!