Download Source Code Aplikasi

Belajar Pemrograman Php Dari Dasar Untuk Pemula

Sunday, August 28th, 2016 - lainnya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel, bagi anda yang ingin berguru pemrograman PHP dari dasar untuk pemula. Mungkin sebagian anda ingin berguru pemrograman PHP, tapi tidak tahu harus milai dari mana. Bahkan mungkin sebagian anda sudah pernah berguru bahasa pemrograman, menyerupai seolah-olah Visual Basic atau C++, namun pada dikala anda sudah masuk didunia kerja, dan anda diminta atau dituntut untuk sanggup memakai bahasa pemrograman Web, yaitu salah satunya bahasa pemrograman PHP. Padahal anda tidak tahu apa itu bahasa pemrogaman PHP, dan digunakan untuk apa bahasa pemrograman PHP tersebut, serta bagaimana cara memulainya..??. Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut sering anda tanyakan dalam diri anda, maka artikel ini sangat cocok buat anda.

Berikut saya jelaskan sedikit ihwal bahasa pemrograman PHP. PHP ialah : Hypertext Preprocessor yaitu bahasa skrip yang sanggup ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak digunakan untuk memrogram situs web dinamis. PHP sanggup digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Pada awalnya PHP merupakan akronim dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibentuk oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis instruksi sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FIDengan perilisan instruksi sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Itulah sedikit ihwal bahasa pemrograman PHP. Untuk lebih lengkapnya ihwal bahasa pemrogaman PHP, silahkan anda cari-cari di internet.

Ok, menyerupai biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah untuk memulai berguru pemrograman PHP dari dasar untuk pemula.

1. Pastikan anda sudah mendownload software XAMPP dan Notepad++. XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk menciptakan website yang dinamis. Notepad++ ialah software untuk media editor atau media pengkodingan. Sebenarnya untuk media editor dalam bahasa pemrograman web itu banyak seperti, menyerupai Sublime Text, Dreamweaver, dan masih banyak lagi. Namun saya menentukan Notepad++ alasannya ialah ringan dan Gratis tentunya.

2. Jika langkah pertama sudah anda lakukan, kemudian silahkan anda install kedua software tersebut.

3. Setelah langkah 2 anda lakukan, selanjutnya untuk memulai berguru pemrograman PHP, silahkan anda menuju ke drive “C:\xampp\htdocs”. Kurang lebih menyerupai gambar berikut :

4. Kemudian, silahkan anda buat sebuah forlder gres dengan nama terserah anda pada drive “C:\xampp\htdocs” tersebut. Untuk sebagai contoh, saya akan mengembangkan sebuah folder dengan nama “belajar_php”. Jika sudah karenanya akan menyerupai berikut :

5. Kemudian silahkan anda buka media editor anda, yaitu Notepad++. Kurang lebih menyerupai gambar berikut :

6. Setelah itu silahkan anda buat file baru, dengan cara klik “File -> New”. Kurang lebih menyerupai gambar berikut :

7. Jika langkah 6 sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan anda “Save As” file anda tersebut dengan cara klik lagi “File -> Save As”. Kurang lebih menyerupai gambar berikut :

8. Kemudian silahkan anda simpan file anda tersebut dengan nama “index.php” di folder yang sudah anda buat tadi, yaitu di “C:\xampp\htdocs\belajar_php”. kurang lebih menyerupai gambar berikut :

9. Jika langkah 8 sudah anda lakukan, kemudian silahkan anda coba ketikkan koding pada file “index.php” tersebut, menyerupai gambar berikut :

10. Dan jangan lupa anda simpan perubahan setiap anda sudah mengetikkan koding pada file “index.php” tersebut. Untuk menyimpan perubahan, caranya menyerupai gambar berikut :

11. kemudian silahkan anda buka browser anda. Untuk browser, anda boleh memakai Google Chrome  atau Mozilla Firefox. Dan silahkan anda ketikkah “localhost/belajar_php” pada kolom pencarian situs di browser anda. Jika berhasil, maka karenanya kurang lebih menyerupai gambar berikut :

12. Selesai.

Itulah sedikit ihwal “BELAJAR PEMROGRAMAN PHP DARI DASAR UNTUK PEMULA”. Setelah anda membaca dan mempraktekkan tutorial ini, saya rasa anda sudah mengerti apa itu bahasa pemrograman PHP dan bagaimana cara menggukanannya. Untuk selanjutnya, biar anda lebih hebat lagi, silahkan anda download E-booknya di internet, atau silahkan cari-cari tutorialnya pada blog ini. Jika dasarnya anda sudah mengerti, untuk selanjutnya biar anda lebih hebat tidaklah terlalu susah, alasannya ialah anda hanya dianjurkan untuk sering-sering mencari tumpuan di internet dan praktekkan. Karena saya dulu juga begitu, dan kini alhmdulillah saya bisa, walaupun belum mahir.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada anda, salah dan kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, saya mohon ma’af. Karena saya juga masih dalam tahap belajar. Semoga bermanfaat.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam sukses.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Belajar Pemrograman Php Dari Dasar Untuk Pemula | admin | 4.5


error: Content is protected !!