Download Source Code Aplikasi

Cara Gampang Ekspor Data Dari Mysql Ke Excel Dengan Php

Saturday, August 17th, 2019 - MySQL, PHP

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP – Pada artikel ini saya akan membahas perihal tutorial sederhana yang bekerjasama dengan database MySQL dan PHP. Tutorial ini menjelaskan perihal bagaimana cara meng-ekspor data yang ada di dalam database mysql yang ditampilkan di web ke dalam dokumen Excel dengan derma skrip PHP.

Tentu cara ini sangat gampang dan simple bila anda ingin menampilkan data yang ada pada mysql ke sebuah dokumen microsoft excel dengan cepat tanpa harus menyalin data satu per satu secara manual. Memang cara ini terbilang sangat sederhana, namun sanggup memperlihatkan banyak manfaat.

Karena data yang diekspor ialah data yang berasal dari database mysql, jadi langkah pertama yang harus kita lakukan ialah menciptakan sebuah database terlebih dahulu, lalu menciptakan tabel dan disusul dengan menginputkan beberapa data ke dalam database tersebut. Setelah menciptakan database selesai, kita akan menciptakan dokumen PHP yang berfungsi untuk meng-ekspor data ke Excel. Untuk itu pribadi saja dipraktekkan.

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP  Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel Dengan PHP

Cara Ekspor Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP

Membuat Database

Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah menciptakan sebuah database mysql. Untuk masalah ini, kita buat database dengan nama db_mahasiswa. Untuk tabel nya silakan anda copy perintah di bawah ini.


Dari skrip di atas kita sudah mendapat sebuah tabel dengan nama mahasiswa dan sudah ada beberapa field id, nama, kelas, dan jurusan. Karena tabel tersebut masih kosong, jadi yang akan kita lakukan ialah menginputkan beberapa data ke dalam tabel tersebut. Silakan anda salin skrip di bawah ini untuk menginputkan data.

Berikut hasilnya:

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP  Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel Dengan PHP

Sampai tahap ini kita sudah final menciptakan sebuah database dan sudah di isi dengan beberapa data. Langkah selanjutnya kita akan menciptakan sebuah file PHP.

Membuat File PHP

Supaya data dari database mysql sanggup diekspor ke dalam dokumen Excel, kita membutuhkan beberapa file PHP yang di dalamnya terdapat perintah untuk ekspor data dari mysql. File PHP yang akan kita buat antara lain: index.php, data.php, dan eksport.php.

Pertama buat file data.php yang di dalamnya berisi query ke database untuk menampilkan data-data yang sudah diinputkan sebelumnya dalam bentuk tabel. Silakan anda buka text editor dan salin skrip di bawah ini lalu simpan dengan nama data.php.

Memang skrip di atas sangat sederhana dengan tampilan sebuah tabel dan berisi beberapa data di dalamnya. Berikut tampilan data.php kalau dibuka dengan web browser.

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP  Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel Dengan PHP

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat sebuah tabel dengan beberapa data yang sudah di dumping ke Database. Data/tabel itulah nantinya yang akan di Export ke Excel.

Selanjutnya kita akan menciptakan file index.php, file ini berfungsi untuk meng-include-kan file data.php dan juga terdapat sebuah tombol yang dipakai untuk meng-ekspor data. Salin skrip di bawah ini lalu simpan dengan nama index.php di dalam folder yang sama.


Berikut tampilan file index.php :

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP  Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel Dengan PHP

Pada gambar di atas terlihat bahwa terdapat sebuah tabel dan tombol yang berfungsi untuk mengekspor data. Jadi, dikala kita klik tombol Ekport Data ke Excel maka akan membuka file export.php. File export.php inilah yang melaksanakan proses ekspor data ke Excel.  Silakan anda copy skrip di bawah ini, lalu simpan dengan nama export.php.


Sampai di sini semua langkah-langkahnya sudah selesai.

Dari semua skrip di atas sudah ada penjelasannya masing-masing. Pada baris ke-6 pada file export.php berfungsi untuk memberi nama file pada dokumen excel dikala didownload, pada skrip di atas diberi nama datamahasiswa-export.xls. Dan pada baris ke-9 berfungsi untuk memasukkan data dari tampilan file data.php. Ketika tombol diklik, maka data akan didownload dalam bentuk dokumen Excel. Berikut tampilannya:

Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel dengan PHP  Cara Praktis Ekspor Data dari MySQL ke Excel Dengan PHP

Dari gambar di atas terlihat tampilannya sama persis dengan tampilan di browser. Itulah cara gampang ekspor data dari mysql ke excel dengan php. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Praktis Ekspor dan Impor Database MySQL

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 7 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Gampang Ekspor Data Dari Mysql Ke Excel Dengan Php | admin | 4.5