Download Source Code Aplikasi

Cara Gampang Upload File Website Ke Web Hosting Memakai Filezilla

Monday, September 2nd, 2019 - Tutorial


Sambil menunggu waktu berbuka puasa saya ingin menulis tutorial sederhana perihal cara gampang meng-upload file website dari localhost ke web hosting memakai FileZilla. Sebenarnya ada beberapa cara untuk para pengembang website untuk mengupload ke web hosting, salah satunya dengan cara eksklusif mengupload melalui file manager yang terdapat pada cpanel web hosting anda. namun kali ini saya menentukan cara dengan memakai filezilla sebab lebih efisien secara waktu. Sebelum itu mari kita kenalan dulu dengan FTP (File Transfer Protocol) yang satu ini.

1. Apa itu FileZilla ? : FileZilla yaitu salah satu FTP(File Transfer Protocol) client yang yang dipakai untuk mentransfer data dari komputer anda ke web hosting.

2. Bagaimana Cara Instalasi FileZilla ? : Pertama anda harus mengunduh perangkat lunak berbasis open source ini secara gratis di https://filezilla-project.org/download.php . Download dan lakukan instalasi menyerupai biasa. sesudah itu akan muncul tampilan menyerupai berikut.


Tampilan diatas merupakan tampilan utama dari FileZilla. dan terdapat beberapa serpihan diantaranya. 

Adapun bagian-bagian tersebut yaitu :
1. Message Window
Merupakan respon atau pesan yang timbul dari proses transfer data.
2. Local Site
Merupakan tampilan folder-folder dari direktori lokal komputer anda .
3. Content Of Directory
Merupakan isi dari direktori yang anda pilih dalam direktori lokal komputer anda.
4. Status Transfer File Window
Merpakan status dari proses transfer file upload dan download, dan juga disertai dengan nama file yang ditransfer.
5. Remote Site Windows
Merupakan halaman server tujuan. Dalam hal ini yaitu hosting yang telah anda miliki. Untuk upload file website jangan lupa untuk tetap berada di folder public_html.

3. Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla

  1. Buka aplikasi filezilla anda
  2. Kemudian, silahkan kalian masukan Host, Username dan Password, pada serpihan atas kafetaria sesuai dengan hosting kalian.
    Host : Anda sanggup menemukan isu ini di penyedia layanan hosting Anda. Namun, Anda juga sanggup eksklusif mengisinya dengan nama domain sebagai host-nya dalam format  <span style="color: blue;">ftp.namadomainanda.com

    Username : Isi dengan username cPanel anda.

    <div style="text-align: justify;"> <span style="font-family: inherit;">-Password : Isi dengan password cPanel kalian.

Port : Silahkan serpihan ini anda kosongkan jikalau memakai port default, atau isi dengan port 21

  • Selanjutnya, kita akan melaksanakan persiapan Upload file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Semua file web harus siap biar tidak ada kesalahan.
  • Sekarang, kita buka file folder yang akan kita upload.

  • Sekarang, pastikan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar. 

  • Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hosting kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, kemudian klik kanan dan pilih ?Upload? dan destinasi upload kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian. 
  • Silakan kalian tunggu hingga file terunggah semua, apabila semua file web kalian sudah terunggah, kalian cukup mengimpor dan melaksanakan setelan pada konfigurasi database pada web kalian dengan benar, itu apabila kalian memakai database..
  • Untuk tutorial konfigurasi database saya akan bahas pada postingan selanjutnya, semoga bermanfaat.
    “Marhaban Ya Ramadhan..”
    Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

    (Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
    Download Source Code Aplikasi
    Cara Gampang Upload File Website Ke Web Hosting Memakai Filezilla | admin | 4.5


    error: Content is protected !!