Download Source Code Aplikasi

Cara Konfigurasi Database Mysql Ke Hostinger

Sunday, September 1st, 2019 - Html, PHP, Tutorial

Pada postingan sebelumnya aku telah menulis tutorial sederhana untuk mengupload file website local kita ke web hosting memakai filezilla . Setelah semua berkas file kita telah selesai di upload, maka langkah selanjutnya yaitu melaksanakan konfigurasi database ke cpanel kita tersebut. 


Langkah 1
Langkah pertama untuk setting database ialah silahkan login ke cpanel hosting anda. Jika masih resah memilih hosting untuk website anda, silahkan register di https://hostinger.co.id , alasannya ialah tutorial kali ini aku akan memakai hosting dari https://hostinger.co.id . 

  1. Buka MySQL Databases, kemudian masukkan isu yang diperlukan, kemudian klik tombol Create.
          Masukan isu database

PENTING !! Catat isu database MySQL yang telah Anda masukkan. isu tersebut akan dibutuhkan di langkah selanjutnya. 


Langkah 2

Selanjutnya kita akan menciptakan koneksi ke databse dengan nama u266072517_name dan database kita ini mempunyai  username u266072517_user.
 
Database name & Username MySQL ini sesuai dengan yang telah kita isikan di langkah 1.

Selain itu, Kita juga harus menciptakan password. Sebagai contoh, password yang telah kita isi tadi adalah buystuffpwd.  
Satu hal lagi yang jangan hingga  dilupakan ialah memasukkan servername atau hostname yang benar. Di Hostinger, hostname sanggup ditemukan di MySQL Database. Sebagai contoh, hostname dari hostinger yang kita gunakan adalah mysql.hostinger.com.

Ada dua cara untuk menciptakan koneksi database PHP, yaitu dengan MySQLi dan PDO.  Kedua metode ini ternyata mendukung ‘prepared statements’ yang sanggup menghapus ability untuk serangan cyber dengan metode “SQL injection attack” dikala terjadi perubahan di database. Fungsi ‘mysql_’ yang original bersifat deprecated dan tidak sanggup dipakai alasannya ialah tidak kondusif dan tidak lagi diperbarui atau dikembangkan. 
Namun kali ini aku hanya akan membahas perihal cara menciptakan koneksi database dengan MySQLi,

Jika anda masih resah dengan perbedaan MySQL dan MySQLi silahkan baca dan pahami artikel berikut.

Perbedaan MySQL dan MySQLi di dalam PHP

Sedangkan pengertian dari PDO (PHP Data Object) silahkan baca disini.

MySQLi merupakan kependekan dari MySQL Improved dan secara spesifik berfungsi untuk menambahkan fitur gres ke interface MySQL. Sementara itu, PDO adalah kependekan dari PHP Data Object. Perbedaan utama antara PDO dan MySQLi ialah PDO mendukung sejumlah tipe database yang berbeda (MySQL, MS SQL, Postgre DB) dalam script yang sama, tetapi Anda hanya sanggup sekali menulis data terkait fungsi. PDO bersifat ‘object oriented’, koneksi ke database dibangun dengan menciptakan banyak sekali objek. Berikut referensi menciptakan objek baru:

Berikut ini merupakan referensi arahan PHP dasar yang sanggup dipakai untuk menciptakan koneksi ke database MySQL dengan MySQLi.

Metode utama yang kita gunakan dalam script ini adalah mysqli_connect(). Metode ini merupakan fungsi internal PHP yang selengkapnya sanggup dibaca di sini.

Di depan kode, terdapat berbagai declaration dan value yang di-assign ke variabel tersebut. Umumnya kita membutuhkan empat variabel untuk menciptakan koneksi: $servername, $database, $username, $password.

Baca Juga

Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web
Aplikasi Absensi Menggunakan PHP


Pada script diatas, kita telah memasukkan isu database yang telah kita buat pada langkah sebelumnyadan selanjutnya di dalam fungsi mysqli_connect(), kita akan memakai 4 variabel tersebut untuk diteruskan ke fungsi.

Kemudian ada fungsi mysqli_connect() yang dipakai untuk menciptakan koneksi ke database dengan memanfaatkan isu yang telah kita masukkan, dan bab arahan selanjutnya dijalankan menurut keberhasilan fungsi mysqli_connect(). Apabila koneksi gagal dibuat, maka pesan menyerupai ini akan ditampilkan:

dari arahan diatas, jikalau koneksi tidak berhasil maka akan muncul pesan “Connection Failed”. namun apabila koneksi berhasil dibentuk maka arahan yang dijalankan ialah :

Kode di atas akan menampilkan pesan koneksi berhasil dibangun. Pada pesan sebelumnya tertulis statement IF yang menyatakan adanya kegagalan tertentu. Yang terakhir ialah arahan epilog menyerupai dibawah.

Kode di atas berfungsi untuk menutup koneksi ke database secara manual. Apabila kita lupa atau tidak memasukkan arahan di atas, maka koneksi akan terhenti dengan sendirinya segera sesudah script berhenti. Anda sanggup memakai baris arahan ini untuk menghentikan koneksi sebelum script berakhir. Buka script melalui domain dan jalankan arahan di atas.

Langkah 3

Langkah ketiga ialah menegecek koneksi yang telah kita buat dan bagaimana cara mengatasi error. jikalau koneksi berhasil maka dikala kita membuka script website, pesan menyerupai gambar dibawah akan ditampilkan.

Mengatasi Error Koneksi PHP ke MySQL

Tentunya tampilan akan berbeda jikalau koneksi gagal dibuat. Error di MySQLi berbeda dengan error pada PDO.

Error jikalau salah memasukkan password

Misalnya, jikalau kita mengubah password di arahan PHP (tetapi password database sama sekali tidak diubah).

Error di MySQLi:

Pada postingan sebelumnya aku telah menulis  Cara Konfigurasi Database MySQL ke Hostinger
Koneksi gagal ke server Mysql

Bila Anda memperoleh notifikasi Can’t connect to MySQL server on ‘server’ (110), maka itu berarti script tidak mendapat respons dari server.

Demikian tutorial cara konfigurasi database MySQL ke hostinger, agar melalui tutorial ini, kita sanggup mempelajari pengetahuan dasar perihal database dan cara menciptakan koneksi database PHP dengan MySQLi. 

Source :
https://hostinger.co.id
www.duniailkom.com

TAGS
cara menciptakan koneksi database
cara menciptakan koneksi database mysql connect
cara menciptakan koneksi database mysql dan pdo
cara konfigurasi database ke hosting

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Konfigurasi Database Mysql Ke Hostinger | admin | 4.5


error: Content is protected !!