Download Source Code Aplikasi

Implementasi Segmentasi Citra CTSCAN Paru-Paru Pada Bronchus Menggunakan K-Means Clustering Dan Watershed (skripsi)

Sunday, November 25th, 2018 - Skripsi TIK

Contoh skripsi teknik informatika yang akan kami share pada kesempatan ini adalah skripsi dengan judul Implementasi Segmentasi Citra CTSCAN Paru-Paru Pada Bronchus Menggunakan K-Means Clustering Dan Watershed. Cakupan pembahasan skripsi ini adalah tentang watershed, k-means clustering, CT scan, bronchus, segmentasi citra. Silahkan lihat juga contoh skripsi teknik informatika yang telah kami bagikan pada kesemapatan sebelumnya, yaitu tentang Klasifikasi Mixed Type Audio Menggunakan Backprogation Dengan Fixed Size Momentum.

Beberapa Teknologi yang digunakan di bidang kesehatan adalah Rontgen / foto rontgen, MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan CT Scan. Banyak dokter yang memanfaatkan CT Scan sebagai salah satu alat untuk memindai penyakit atau gejala yang ada pada organ tubuh tertentu. Hasil CT scan mempunyai beberapa kelemahan diantaranya, memiliki derau yang tinggi hal ini disebabkan karena paparan radiasi sinar X yang digunakan sekitar 4% dari radiasi sinar X yang digunakan pada radiologi / foto rontgen sehingga mengurangi akurasi gambar dan ada gambar yang seharusnya tidak ada menjadi terekam diakibatkan pasien bergerak saat perekaman gambar.

Salah satu teknik pemrosesan citra yang digunakan untuk mengatasi tingkat derau yang tinggi adalah metode watershed. Metode watershed digunakan pada citra CT scan bronchus untuk mendeteksi pola pada citra agar bisa mengenali bronchus dalam kedaan normal atau tidak normal. Metode watershed digunakan untuk mendeteksi ciri-ciri apa saja yang terbentuk dan menenentukan apakah pola yang terbentuk dari hasil metode watershed adalah bronchus normal atau tidak normal. Metode k-means clustering akan digunakan untuk mendeteksi pola tersebut dan akan dikategorikan menjadi dua kategori yaitu normal dan tidak normal.

Dari hasil penelitian, analisis pengolahan citra, pelatihan dan pengujian metode watershed dan k-means clustering untuk mengidentifikasi pola citra CT scan bronchus untuk mendapatkan informasi keadaan bronchus normal dan tidak normal. Adapun akurasi dari penerapan metode adalah 76.6% dan dapat mengenali citra CT scan dengan baik.

Jika anda berminat untuk mempelajari skripsi ini, atau ingin menjadikannya sebagai referensi skripsi anda, silahkan download skripsi full konten melalui link di bawah ini. File skripsi

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.


(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Implementasi Segmentasi Citra CTSCAN Paru-Paru Pada Bronchus Menggunakan K-Means Clustering Dan Watershed (skripsi) | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!