Download Source Code Aplikasi

Mendeklarasikan Variabel Di Javascript

Sunday, September 1st, 2019 - Artikel JavaScript

Jika anda pernah mempelajari bahasa pemrograman lainnya, dipastikan telah mengenal dengan namanya variabel.

Di JavaScript, untuk menandai adanya pembuatan suatu variabel ialah menyerupai berikut:

var myVar;

Ketika anda mendefinisikan variabel yang baru, anda sanggup secara eksklusif memperlihatkan variabel itu dengan suatu nilai, menyerupai dalam contoh-contoh berikut:

var myVar = {name:"Gunawan", age:30}; var yourVar = 12; var ourVar = true;

Anda juga sanggup mendeklarasikan variabel-variabel ganda secara bersamaan dengan memakai single var, menyerupai contoh-contoh berikut:

var myVar, yourVar, ourVar = 1; // Hanya ourVar yang memiliki nilai var myVar = 1, yourVar = 2, ourVar = 3; // Semuanya memiliki nilai

Anda tidak harus selalu dengan tegas mendefinisikan variabel sebelum memakai mereka. Sebagai contoh, berikut mendeklarasikan variabel berjulukan myAge dan menugaskan nilai 30 untuknya:

myAge = 30;

Di atas ialah pola mendeklarasikan variabel dengan cara implicitly, dengan operator = untuk menugaskan nilainya.

Ketika anda memakai hal ini, variabel itu ditugaskan kepada global scope (variabel global), maksudnya variabel itu akan sanggup di kanal oleh semua blok script, semua fungsi, dan semua statemen.

Untuk pembahasan mengenai scope dari variabel akan dibahas pada artikel lainnya.

Identifiers
Identifiers ialah string yang anda gunakan untuk penamaan variabel. Untuk bagaimana hukum dari penamaan variabel, silahkan lihat artikel Aturan Penulisan Variabel Di JavaScript.

Weak Typing
Juga dikenal sebagai loose typing dan beliau kebalikannya dari strong typing, weak typing ialah aturan-aturan mengenai type conversion dan biasanya anda sanggup re-assign tipe dari variabel-variabel.

Karena JavaScript ialah bahasa script yang dinamis. Hal ini berarti bahwa tipe data pada Javascript tidak baku tetapi sanggup berubah dari tipe satu ke tipe yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Di JavaScript untuk weak typing sangat mudah. Sebagai contoh, awalnya anda telah mendeklarasikan:

var myVar = 10;

Pada baris lainnya, anda mendeklarasikan:

var myVar = "Ini ialah string";

Itu akan menciptakan tipe myVar menjadi “string” yang semulanya ialah “number”. JavaScript akan secara otomatis mengubah tipe data berdasar ekspresi yang ditentukan.

Sebagai pola lagi anda memiliki dua variabel menyerupai berikut:

var myVar = 10; var yourVar = "Ini ialah string";

Dan dikala anda menuliskan isyarat pada baris berikutnya menyerupai ini:

myVar = yourVar;

Seperti diketahui tipe myVar diawal ialah “number” dan tipe yourVar ialah “string”, dan dikala adanya operasi penugasan menyerupai di atas, myVar akan menjadi “string” dan bukan “number” lagi.

Atau sebaliknya:

yourVar = myVar;

Itu akan menjadikan yourVar menjadi “number” yang sebelumnya bertipe “string”.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Mendeklarasikan Variabel Di Javascript | admin | 4.5


error: Content is protected !!