Download Source Code Aplikasi

Part2 Menciptakan Aplikasi Hotel Dengan Vb.Net + Database Mysql – Menciptakan Form Login

Sunday, August 21st, 2016 - lainnya

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan melanjutkan tutorial saya sebelumnya wacana “MEMBUAT APLIKASI PEMESANAN KAMAR HOTEL MENGGUNAKAN VB.NET + DATABASE MYSQL”. Dan tutorial lanjutan kali ini saya akan membahas wacana cara menciptakan form login dengan mengkoneksikan ke database MySQL.

Ok, menyerupai biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan anda sudah membaca tutorial saya sebelumnya, yaitu wacana “PART1 – MEMBUAT DATABASE MYSQL DAN KONEKSINYA”.

2. Kemudian, silahkan anda buka database yang sudah anda buat sebelumnya pada tutorial part1, dan silahkan anda tambahkan sebuah tabel di database tersebut dengan nama “tb_admin”, yang terdiri dari 4 field. Dimana pada tabel “tb_admin” tersebut, field-fieldnya ialah menyerupai gambar berikut :

3. Sebelum anda menciptakan Project gres VB.Net, silahkan anda download dulu file pendukung untuk tutorial ini DISINI. Kemudian sesudah anda menambahkan sebuah tabel “tb_admin” pada database tersebut, silahkan anda tambahkan satu data pada tabel “tb_admin”. Kurang lebih datanya menyerupai gambar berikut :

4. Setelah itu, silahkan anda buka Visual Studio anda, dan silahkan anda buat Project VB.Net gres anda dengan nama “APLIKASI HOTEL”. Disini saya memakai Visual Studio 2010. Untuk lebih jelasnya cara menciptakan project gres VB.Net di Visual Studio 2010, silahkan klik DISINI. Jika anda sudah menciptakan sebuah project gres VB.Net, maka akibatnya kurang lebih akan menyerupai gambar berikut :

5. Kemudian silahkan anda “Rename(ubah nama)” form yang ada pada ketika anda menciptakan project gres tersebut menjadi “f_login”. Untuk lebih jelasnya cara Rename form, silahkan klik DISINI. Jika sudah rename, maka akibatnya akan menyerupai gambar berikut :

6. Kemudian, pada form “f_login” silahkan anda atur Propertiesnya menyerupai tabel berikut :

7. Jika langkah 6 sudah anda lakukan, maka akibatnya kurang lebih menyerupai gambar berikut :

8. Jika sudah, silahkan anda menuju ke ToolBox, dan silahkan anda tambahkan object “Button dan TextBox” pada form “f_login”. Kurang lebih posisiya menyerupai gabar berikut :

9. Kemudian, biar sesuai menyerupai pada gambar 8, silahkan properties pada setiap object yang gres anda tambahkan di form “f_login” menyerupai tabel berikut :

10. Setelah itu, silahkan anda double klik pada form “f_login”.

11. Setelah itu, silahkan anda tambahkan koding-koding untuk form “f_login” menyerupai pada gambar yang dilingkari kotak merah berikut ini :
Ket :
  • Koding pada baris 15 pada bagian”db_hotel”, itu ialah nama dari DataSourceName yang telah anda buat sebelumnya pada tutorial PART1.

12. Kemudian, silahkan anda ketikkan koding “Sub Masuk” dibawah atau sesudah koding “Sub Koneksi”. Kurang lebih kodingnya menyerupai pada gambar berikut yang dilingkari kotak merah :
Ket :
  • Koding pada baris ke 25 pada bab “select * from tb_admin”, itu ialah sintak MySQL.
  • Koding pada baris ke 25 pada bab “tb_admin”, itu ialah nama table di database MySQL.
  • Koding pada bab “If Not”, itu artinya “apabila tidak sama”
  • Koding pada baris ke 28 pada bab “username”, itu ialah nama dari field yang ada pada table “tb_admin”.

13. Kemudian, silahkan anda kembali ke form disain “f_login.vb[Design]”, dan pada bab “Timer1” silahkan anda double klik.

14. Kemudian silahkan anda ketikkan koding untuk Timer1 menyerupai yang dilingkari kotak merah pada gambar berikut :

15. Seletah itu, silahkan anda kembali lagi ke disain form “f_login.vb[Design]”, dan silahkan anda double klik pada button “b_login”, dan silahkan anda ketikkan koding menyerupai gambar berikut :

16. Kemudian, silahkan anda jalankan agenda anda, dan pada bab “Username” dan “Password” silahkan anda isi dengan “admin”, dan lalu silahkan klik tombol “Login. Jika berhasil, maka akibatnya kurang lebih menyerupai gambar berikut :

Bagi anda yang masih galau dengan tutorial diatas, berikut saya sertakan Video Tutorialnya di bawah ini :

Sekian dulu untuk tutorial kali ini, dan untuk tutorial lanjutannya, silahkan anda baca wacana “PART3 MEMBUAT APLIKASI HOTEL DENGAN VB.NET + DATABASEMYSQL – MEMBUAT FORM UTAMA”.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada sahabat-sahabat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma’af. Karena saya hanya insan biasa, yang tak luput dari kesalahan. Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya wacana “Kumpulan Tutorial Pemrograman” silahkan klik DISINI.

Tambahan dari saya, bagi anda yang ingin diskusi wacana “Pemrograman Java, C++ dan PHP” silahkan gabung di group FB “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia“.

Salam sukses.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Part2 Menciptakan Aplikasi Hotel Dengan Vb.Net + Database Mysql – Menciptakan Form Login | admin | 4.5


error: Content is protected !!