Download Source Code Aplikasi

Pembangunan Sistem Rantai Pasok Produk Benang Bordir Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di PT. Tugu Jaya Mandiri (skripsi)

Wednesday, November 28th, 2018 - Skripsi TIK

Contoh skripsi teknik informatika yang akan kami share pada kesempatan ini adalah skripsi dengan judul Pembangunan Sistem Rantai Pasok Produk Benang Bordir Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di PT. Tugu Jaya Mandiri. Cakupan pembahasan skripsi ini adalah tentang Supply Chain Management, single exponential smoothing, Minimal Stock, push supply chain, make-to-stock. Silahkan lihat juga contoh skripsi teknik informatika yang telah kami bagikan pada kesemapatan sebelumnya, yaitu tentang Pembangunan Aplikasi Islamic Information Center Kota Bandung Pada Platform Android.

PT. Tugu Jaya Mandiri adalah perusahaan benang bordir di Kota Bandung, Jawa Barat. PT. Tugu Jaya Mandiri memproduksi benang bordir rayon dan benang bordir poliester. Saat ini penjualan produk dari konsumen setiap bulannya diketahui tidak menentu, hal ini mengakibatkan bagian produksi mengalami kesulitan dalam memperkirakan jumlah seluruh bahan baku yang akan digunakan.

Proses pemesanan bahan baku ke supplier pun sering mengalami kendala pada proses pengiriman, diketahui proses pengiriman bahan baku ini memiliki jeda waktu tunggu mencapai tiga sampai empat hari, hal ini menyebabkan terhambatnya proses produksi sehingga pengiriman produk jadi ke konsumen mengalami keterlambatan. Tujuannya adalah untuk memudahkan kepala produksi dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan terhadap supplier untuk memenuhi kebutuhan proses produksi. Dan mempermudah kepala gudang dalam merencanakan jumlah produk jadi dan waktu pendistribusian sehingga tidak terjadi penghambatan dalam proses pendistribusian produk jadi ke konsumen.Strategi supply Chain yang digunakan adalah push supply Chain, karena didasarkan pada kesesuaian dari rantai pasok yang terjadi di perusahaan saat ini yaitu menggunakan strategi make-to-stock.

Sistem rantai pasok ini dibangun dari bagian hulu (upstream) sampai bagian hilir (downstream). Metode peramalan kebutuhan bahan baku yang digunakan adalah single exponenstial smoothing. Perhitungan prediksi ketersedian bahan baku di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (Minimal Stock). Proses pemesanan bahan baku menggunakan sistem lelang (tender) dan pemesanan langsung. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, uat dan beta, dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah membantu kepala produksi dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan baku yang harus dipesan ke supplier utnuk memenuhi kebutuhan proses produksi dan mempermudah kepala gudang dalam hal merencanakan jumlah produk jadi dan waktu pendistribusian produk jadi ke konsumen.

Jika anda berminat untuk mempelajari skripsi ini, atau ingin menjadikannya sebagai referensi skripsi anda, silahkan download skripsi full konten melalui link di bawah ini. File skripsi

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.


(Telah didownload 7 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Pembangunan Sistem Rantai Pasok Produk Benang Bordir Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di PT. Tugu Jaya Mandiri (skripsi) | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!