Download Source Code Aplikasi

Pengenalan Arduino Duemilanove

Saturday, September 14th, 2019 - arduino, arduino duemilanove, digital, elektronika, mikrokontroler, robotic

Arduino Duemilanove (“2009”) yaitu mikrokontroler Board berbasis ATmega168 (datasheet) atau ATmega328 (datasheet). Arduino Duemilanove memiliki 14 digital input/output pin (dimana 6 diantaranya  dapat dipakai sebagai output PWM), 6 input analog, osilator 16 MHz kristal, koneksi USB, soket listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler, hanya dengan menghubungkan ke komputer dengan kabel USB atau menghidupkannya dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulainya.
Duemilanove” artinya 2009 dalam bahasa Italia dan dinamai sesudah tahun peluncurannya. Duemilanove yaitu yang terbaru dalam rangkaian USB Arduino board, untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks Arduino board.


Microcontroller

ATmega168

Tegangan dikala Operasi

5V

Tegangan Masukan (Disarankan)

7-12V

Tegangan Masukan (Batasan)

6-20V

Digital I/O Pin

14 (termasuk 6 PWM output yang disediakan)

Input Analog Pin

6

DC Current per I/O Pin

40 mA

DC Current for 3.3V Pin

50 mA

Flash Memory

16 KB (ATmega168) atau 32 KB (ATmega328) dimana 2 KB dipakai oleh bootloader

SRAM

1 KB (ATmega168) atau 2 KB (ATmega328)

EEPROM

512 bytes (ATmega168) atau 1 KB (ATmega328)

Clock Speed

16 MHz


SKEMA & REFERENSI DESAIN

Anda sanggup temukan tumpuan perihal Arduino Duemilanove dibawah ini : 

EAGLE files : Arduino Duemilanove sanggup diaktifkan melalui koneksi USB atau dengan power supply eksternal. Sumber daya akan dipilih secara otomatis.

Eksternal (non-USB) daya sanggup berasal baik itu dari adaptor AC-DC (dinding-kutil) atau baterai. Adaptor ini sanggup dihubungkan dengan mencolokkan sebuah 2.1mm steker pusat-positif ke colokan listrik board. Arahan dari baterai sanggup dimasukkan ke dalam header pin Gnd dan Vin dari konektor DAYA.
Board sanggup beroperasi pada persediaan eksternal 6 hingga 20 volt. Jika disertakan dengan kurang dari 7V, maka pin 5V hanya menyuplai kurang dari lima volt dan board mungkin tidak stabil. Jika memakai lebih dari 12V, tegangan regulator sanggup panas dan merusak board. Kisaran yang disarankan yaitu 7 hingga 12 volt.
Power pada pin yaitu sebagai berikut:
    Arduino Duemilanove memiliki sejumlah kemudahan untuk berkomunikasi dengan komputer, Arduino lain, atau mikrokontroler lainnya. ATmega168 dan ATmega328 menyediakan UART TTL (5V) komunikasi serial, yang tersedia di pin digital 0 (RX) dan 1 (TX). Sebuah FTDI FT232RL pada susukan lembaga ini komunikasi serial melalui USB dan driver FTDI (disertakan dengan versi Windows dari software Arduino) menyediakan port com virtual untuk perangkat lunak pada komputer. Perangkat lunak Arduino termasuk monitor seri yang memungkinkan data tekstual sederhana yang akan dikirim ke dan dari papan Arduino. RX dan TX LED di papan akan berkedip ketika data sedang dikirim melalui chip FTDI dan koneksi USB ke komputer (tetapi tidak untuk komunikasi serial pada pin 0 dan 1).


Arduino Duemilanove, biar bermanfaat.. dan terimakasih telah berkunjung…

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Pengenalan Arduino Duemilanove | admin | 4.5


error: Content is protected !!