Download Source Code Aplikasi

Pengenalan (Pir Motion Sensor) Sensor Gerak Pir

Thursday, September 19th, 2019 - PIR, PIR Motion Sensor, sensor, sensor gerak

 memungkinkan kita untuk mendeteksi adanya gerakan Pengenalan (PIR Motion Sensor) Sensor Gerak PIR
 memungkinkan kita untuk mendeteksi adanya gerakan Pengenalan (PIR Motion Sensor) Sensor Gerak PIR memungkinkan kita untuk mendeteksi adanya gerakan Pengenalan (PIR Motion Sensor) Sensor Gerak PIR
Pyroelectric (“Passive”) InfraRed sensors (PIR):

Sensor PIR memungkinkan kita untuk mendeteksi adanya gerakan, dipakai untuk mendeteksi apakah manusia/benda telah bergerak atau keluar dari jangkauan sensor. Sensor PIR kecil, murah, berdaya rendah, gampang dipakai dan tidak gampang rusak. Itu alasan mereka banyak dipakai dalam peralatan rumah dan gadget. Mereka sering disebut sebagai PIR, “Pasif Infrared”, “Piroelektrik”, atau “Motion IR” sensor.

PIR intinya terbuat dari sensor piroelektrik (seperti gambar di atas, ibarat logam lingkaran dengan kristal segi empat di tengah), yang sanggup mendeteksi tingkat radiasi inframerah. Sensor PIR memancarkan sejumlah radiasi tingkat rendah, dan panas. Sensor dalam pendeteksi gerak sebetulnya terbagi dalam dua bab untuk mendeteksi gerakan (perubahan). Kedua bab ini berkabel sehingga mereka sanggup bekerjasama satu sama lain. Jika salah satu mendeteksi radiasi Infrared dari yang lainnya, maka menghasilkan output yang bernilai High atau Low.


Sensor piroelektrik  dalah sekumpulan pendukung rangkaian, resistor dan kapasitor. Sebagian kecil penghobi sensor memakai BISS0001 (“Micro Power PIR Detector IC”), alasannya harga yang sangat murah. IC ini mengambil output dari sensor dan melaksanakan pengolahan (proses) kecil dan mengeluarkan (output) berupa pulsa output digital dari sensor analog.
Beberapa statistik dasar

Hampir semua jenis sensor PIR akan mempunyai spesifikasi mempunyai perbedaan, meskipun semuanya mempunyai cara kerja yang sama. Anda sanggup cek perbedaan tersebut dalam datasheet.

  • Ukuran : Persegi
  • Harga : $10.00 di Adafruit shop
  • Output : Nilai Digital High (3V) dikala dipicu (gerakan terdeteksi), dan nilai digital Low dikala menganggur (tidak ada gerakan terdeteksi). Panjang pulsa ditentukan oleh resistor dan kapasitor pada PCB.
  • Jangkauan sensitivitas : sampai 20 kaki (6 meters) 110 derajat x 70 derajat jangkauan deteksi
  • Power supply: 3.3V – 5V tegangan input.


  • More links!

    Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

    (Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
    Download Source Code Aplikasi
    Pengenalan (Pir Motion Sensor) Sensor Gerak Pir | admin | 4.5


    error: Content is protected !!