Download Source Code Aplikasi

Pengertian, Sejarah Dan Penggunaan Framework Bootstrap

Friday, September 7th, 2018 - Uncategorized


Bagi para desainer website mesti mengenali framework Bootstrap, sanggup dibilang framework ini mempermudah desainer web untuk menciptakan sebuah desain web dengan kerangka yang sudah disediakan. Tidak pusing lagi menciptakan website yang responsive, Bootstrap sudah menyediakan semuanya. Ataupun Anda tidak ingin menciptakan website yang responsive cukup menonaktifkannya dan memakai sistem toggle pun sanggup Anda pakai untuk projek web Anda.
Apa itu Bootstrap?
Bootstrap yaitu framework HTML, CSS, dan JS yang paling terkenal dipakai untuk pengembangan responsive, projek mobile pertama kali di web. Jadi, Anda sanggup memakai framework bootstrap ini untuk projek-projek desain web Anda yang responsive tidak perlu lagi menciptakan media queries sendiri. Semuanya sudah terdapat di dalam framework Bootstrap.

Sejarah Singkat Bootstrap

Bootstrap ini dibentuk oleh para desainer dan developer dari Twitter, yang kemudian Bootstrap telah menjadi sebuah framework front-end dan projek open source yang paling terkenal di dunia.
Bootstrap dibentuk di Twitter pertengahan tahun 2010 oleh @mdo dan @fat. Sebelum menjadi sebuah framework open source, Bootstrap dikenal sebagai Twitter Blueprint. Beberapa bulan masuk pengembangan, Twitter dijadikan daerah pertama untuk melaksanakan projek pengembangan Bootstrap ini oleh para developer dengan semua tingkat keahlian tanpa panduan eksternal apapun.
Sebelumnya Bootstrap ini memang dipakai untuk pengembangan tool internal saja berlangsung selama setahun, kemudian dirilis ke publik dan terus berlanjut hingga kini dan banyak orang yang menggunakannya untuk projek desain web.
Bootstrap dirilis pertama kali pada Jumat, 19 Agustus 2011, lebih dari dua puluh rilis pernah dikerjakan oleh para developer, terdapat dua versi utama yang ditulis ulang v2 danv3. Pada Bootstrap 2, dtambah fungsionalitas responsive untuk keseluruhan framework sebagai opsional stylesheet. Untuk Bootstrap 3 yang ditulis ulang pada librari sekali saja untuk menjadikannya responsive secara default dengan pendekatan pertama mobile.

Bootstrap Penggunaan MaxCDN

Bagi website yang memakai akomodasi MaxCDN, cukup menambahkan link di bawah ini di situsnya.

Precompiled Bootstrap

Ini merupakan dasar dari struktur framework precompiled Bootstrap. Anda akan menemukan dua jenis  Bootstrap di dalamnya. Tersedia compiled CSS dan JS (boostrap.*) dan ada juga terdapat compiled dan minified (boostrap.min.*). Untuk Bootstrap yang compiled dan minified sangat manis digunakan untuk performance situs yang besar lengan berkuasa pada load time website akan lebih kecil dibandingkan yang jenis compiled saja.

Source Code Bootstrap

Jika membuka source code ini, anda akan menemukan precompiled CSS, JavaScript, dan fonts assets, bersama dengan source Less, JavaScript, dan juga dokumentasi di dalamnya. Struktur sederhananya ibarat di bawah ini:

Semua source code yang disediakan berisi pertolongan file paket, informasi lisensi dan pengembangan.

Template Dasar

Bootstrap telah menyediakan template dasar yang sanggup Anda pakai untuk projek web design Anda. Dan sudah tersedia juga template dan pola website sederhana yang Anda sanggup modifikasi sesuai dengan kebutuhan desain Anda.
Secara default struktur HTML dari Bootstrap ibarat di bawah ini:

Ini sanggup anda pergunakan untuk memulai desain web Anda dengan mudah, adapun untuk source code CSS, JS, dan Less sudah tersedia sebelumnya di item download.

Komponen Bootstrap

Untuk memudahkan Anda dalam memulai projek web design, Bootstrap sendiri telah menyediakan beberapa komponen. Dan ini Anda sanggup dapatkan di dalam precompiled Bootstrap yang diantaranya:

Sampel Framework

Sampel framework yang tersedia sanggup Anda pilih:
  1. Tampilan yang paling sederhana hanya compiled CSS dan JS dengan sebuah container
  2. Memuat beberapa opsional tema Bootstrap, ini sangat cocok untuk meningkatkan pengalaman visual Anda.
  3. Di sini Anda akan mendapat banyak sekali pola grid dengan empat tingkat, bersarang, dan masih banyak yang Anda sanggup temukan di sini.
  4. Membangun halaman web di sekitar jumbotraon dengan sebuah navbar dan beberapa kolom grid dasar.
  5. Jika Anda ingin membangun halama kustom lain dengan container default yang menyempit, jumbotrron narrow menimbulkan pilihan buat Anda.

Bar Navigasi

  1. Template sangat fundamental yang terdapat navbar bersama dengan beberapa komplemen konten.
  2. Template sangat fundamental dengan navbar statis di atas bersama dengan beberapa komplemen konten.
  3. Template sangant fundamental dengan sebuah navbar tetap bersama dengan beberapa komplemen konten.

Komponen kustom

  1. Template satu halaman untuk membangun halaman depan yang sederhana dan indah.
  2. Mengkustomisasi navbar dan carousel, kemudian ditambahkan beberapa komponen baru.
  3. Blog
    Layout blog dua kolom sederhana dengan navigasi kustom, header, dan tipe.
  4. Struktur dasar untuk dasbor admin dengan sidebar dan navbar tetap.
  5. Layout formulir kustom dan desain untuk formulir sign in sederhana.
  6. Justified nav
    Membuat navbar kustom dengan link yang disejajarkan. Perhatian! Tidak bersahabat dengan browser Safari.
  7. Menempelkan footer pada kepingan bawah viewport saat konten lebih pendek daripada itu.
  8. Menempelkan footer pada kepingan bawah viewport dengan naavbar tetap di kepingan atas.

 Lainnya

  1. Dengan gampang menonaktifkan responsifitas dari Bootstrap.
  2. Membangun sebuah tombol yang sanggup berpindah melalui sajian navigasi kanvas untuk dipakai dengan Bootstrap


Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Pengertian, Sejarah Dan Penggunaan Framework Bootstrap | admin | 4.5


error: Content is protected !!