Download Source Code Aplikasi

Register Event Handler Via Inline Model

Monday, September 9th, 2019 - Artikel HTML DOM

Cara ini juga bekerjsama dapat dikatakan ‘tradisional model‘, tetapi banyak juga mengartikan cara ini yaitu ‘inline model’.

Sebelumnya…
Fungsi yang menghandle event dinamakan event handler. Proses meregister event handler kepada event di suatu node DOM dinamakan registering an event handler.

Cara ini event akan diperlakukan sebagai atribut elemen.

Setiap elemen yang mendukung atribut, dimungkinkan beliau memiliki atribut. Atribut yang sering ditugaskan yaitu atribut umum, contohnya ID, CLASS, LANG, TITLE, dst. Tetapi, ada juga atribut yang dinamakan ‘atribut event’, yaitu di mana kita diperbolehkan meregister event handler kepada atribut event di dalam tag awal elemen yang ada, dan cara ini disebut ‘inline model’.

Contoh berikut meregister event handler untuk atribut event ONCLICK didalam elemen BUTTON:

<BUTTON ONCLICK=”alert(‘Halo saya event handler!’)”>Klik disini</BUTTON>

Contoh isyarat di atas, terlihat bahwa event handler secara pribadi ditambahkan di dalam tag awal dari elemen BUTTON. Ketika elemen BUTTON tersebut diklik oleh pengguna, event handler dari ‘click’ akan dijalankan.

Tetapi sering pula nilai untuk atribut event yaitu function call, di mana cara ini function akan dipanggil dikala event yang ditetapkan terjadi.

Contoh berikut akan memiliki fungsi yang sama menyerupai pola sebelumnya:

<SCRIPT TYPE=”text/javascript”> function handleClick(){ alert(‘Halo saya event handler!’); } </SCRIPT> <BUTTON ONCLICK=”handleClick()”>Klik disini</BUTTON>
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 6 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Register Event Handler Via Inline Model | admin | 4.5


error: Content is protected !!