Download Source Code Aplikasi

Skripsi TIK – Implementasi Kriptografi Algoritma Elgamal Dengan Steganografi Teknik Least Significant Bit (LSB) Berdasarkan Penyisipan Menggunakan Fungsi Linier

Saturday, January 2nd, 2016 - Skripsi TIK

Kerahasiaan pesan atau data yang dimiliki oleh seseorang merupakan suatu hal yang penting. Pengamanan kerahasian pesan dapat menggunakan pengamanan pesan seperti kriptografi dan steganografi. Pada penelitian ini digunakan algoritma kriptografi ElGamal dan teknik Steganografi Least Significant Bit (LSB). Algoritma ElGamal menggunakan fermat’s little theorem untuk pengecekan bilangan prima yang digunakan.

skripsi-pdf

Teknik steganografi least significant bit (LSB) menggunakan fungsi linier untuk menentukan letak pixel yang akan disisipkan pesan rahasia. Proses dari sistem ini adalah pesan rahasia berformat *.txt atau input langsung dari sistem dan kunci publik dan private yang diinput langsung dari sistem, kemudian kunci publik y dihitung dengan menggunakan kunci publik p, g dan k serta kunci private x yang digunakan pada proses enkripsi untuk menghasilkan ciphertext.

Ciphertext digunakan sebagai pesan yang akan disisipkan (embedding) dengan menggunakan teknik least significant bit (LSB) berdasarkan fungsi linier ke dalam coverimage berformat *.bmp dan menghasilkan stegoimage. Kemudian stegoimage diekstraksi dan mengeluarkan pesan rahasia (ciphertext) yang disisip pada citra. Pesan rahasia yang diperoleh dari proses ektraksi didekripsi untuk mendapatkan pesan asli dari pesan rahasia dengan menggunakan kunci publik p dan kunci private x.

Pada proses pengujian enkripsi menggunakan teks dengan panjang karakter 115, 8 dan 6 menghasilkan jumlah ciphertext dua kali lebih besar dari plaintext yaitu 230, 16 dan 12, sedangkan pada proses embedding digunakan citra berukuran 2,14 MB, 81,2 KB dan 2,82 MB menghasilkan citra yang berukuran lebih besar yaitu 2,86 MB, 1,47 MB dan 30,4 MB.

Files in This Item:

File Description Size Format
Cover.pdf Cover 566.91 kB Adobe PDF Download
Abstract.pdf Abstract 446.12 kB Adobe PDF Download
Chapter I.pdf Chapter I 451.99 kB Adobe PDF Download
Chapter II.pdf Chapter II 779.98 kB Adobe PDF Download
Chapter III-V.pdf Chapter III-V 2.64 MB Adobe PDF Download
Reference.pdf Reference 470.52 kB Adobe PDF Download
Appendix.pdf Appendix 483.28 kB Adobe PDF Download
(Telah didownload 535 kali, 5 kali dibaca hari ini)
Download Source Code Aplikasi
loading...
Skripsi TIK – Implementasi Kriptografi Algoritma Elgamal Dengan Steganografi Teknik Least Significant Bit (LSB) Berdasarkan Penyisipan Menggunakan Fungsi Linier | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!