Download Source Code Aplikasi

Skripsi TIK – Sistem Kriptografi Hybrid (Hill Cipher Dan Knapsack) Pada Pengmanan File

Saturday, January 2nd, 2016 - Skripsi TIK

Berkembangnya kemajuan sistem informasi yang sangat cepat, banyak aspek-aspek negatif yang timbul karena sebagian besar pengguna komputer menggunakan sistem informasi berbasis komputer khususnya informasi yang dikirim atau diperoleh melalui internet. Aspek yang diperoleh berupa penyadapan informasi penting yang dilakukan oleh orang yang tidak berhak (penyadap).

skripsi-pdf

Sehingga masalah yang diangkat pada skripsi ini adalah pengamanan informasi pada suatu file dan kunci. Informasi yang terdapat pada file perlu diamankan supaya tidak dirusak ataupun dimodifikasi oleh penyadap. Salah satu teknik yang digunakan untuk menjaga keamanan file adalah kriptografi. Adapun metode kriptografi yang digunakan penulis adalah kriptografi hibrida yaitu metode kriptografi yang mengkombinasikan dua algoritma simetris dan asimetris. Algoritma yang digunakan adalah algoritma Hill Cipher dan Knapsack.

Algoritma Hill Cipher memiliki kunci simetris (session key) berbentuk matriks 2×2 digunakan untuk mengamankan file. Sebuah matriks yang digunakan harus memiliki matriks identitas jika kunci matriks dikalikan dengan invers kunci matriks, kunci invers akan digunakan untuk dekripsi file.

Algoritma Knapsack memiliki kunci asimetris (kunci privat dan kunci publik) digunakan untuk mengamankan session key. Kunci publik digunakan untuk mengenkripsi session key dan kunci privat digunakan untuk mendekripsi cipherkey (session key yang terenkripsi). Implementasi sistem menggunakan perangkat lunak Visual C# pada Microsoft Visual Studio 2010. Hasil dari sistem ini berupa file yang terenkripsi (cipherfile) dan session key yang terenkripsi (cipherkey) yang tidak bisa dimengerti atau bahkan tidak bisa dibuka oleh penyadap.

File Description Size Format
Cover.pdf Cover 602.06 kB Adobe PDF Download
Abstract.pdf Abstract 474.7 kB Adobe PDF Download
Chapter I.pdf Chapter I 479.1 kB Adobe PDF Download
Chapter II.pdf Chapter II 710.82 kB Adobe PDF Download
Chapter III-V.pdf Chapter III-V 3.33 MB Adobe PDF Download
Reference.pdf Reference 443.08 kB Adobe PDF Download
Appendix.pdf Appendix 669.06 kB Adobe PDF Download
(Telah didownload 578 kali, 3 kali dibaca hari ini)
Download Source Code Aplikasi
loading...
Skripsi TIK – Sistem Kriptografi Hybrid (Hill Cipher Dan Knapsack) Pada Pengmanan File | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!