Download Source Code Aplikasi

Statement Dasar Qbasic

Tuesday, September 24th, 2019 - Quick Basic

Macam-macam statement-statement dasar qbasic

Statement/pernyataan perintah pada Qbasic dipergunakan untuk mengirimkan data lewat keyboard ke komputer ke layar tampilan dan ke piranti lainnya. Contoh statement yang sudah kita pelajari pada pertemuan sebelumnya yakni statement PRINT, pada ketika mau menampilkan text “Hello World”,merupakan statemen output yang digunakan untuk mencetak output pada layar output.

1. Statement CLS

Fungsi dari statement CLS

Statement CLS merupakan statement yang paling sering dipakai dalam pembuatan jadwal di Qbasic. Karena kegunaan Statement CLS ini dipakai untuk menghapus layar output yang sudah usang / output jadwal sebelumnya biar output-output jadwal tidak bertumpuk-tumpuk, Jadi Statement CLS kadang abad penggunaannya menjadi suatu keharusan. Seperti teladan jadwal yang menampikan “HELLO WORLD!!!” pada pertemuan pada postingan sebelumnya. Dimana pada jadwal sebelumnya kita tidak menambahkan statement CLS pada awal program. Jika jadwal tersebut dijalankan lagi, maka akan muncul 2 output “HELLO WORLD!!!” untuk misalnya silahkan anda coba.

cara memakai statement CLS 

CLS

Print”helloword”.

2. Statement REM

Fungsi dari Statement REM

Statement REM dipakai hanya untuk memberi tahu kepada pembaca wacana jadwal yang kita buat. walaupun Statement REM ini tidak mensugesti sebuah jadwal tapi walaoupun begitu Statement REM ini akan membantu memberi klarifikasi wacana jadwal yang kita buat kepada pemakai untukmemahami program.

Cara memakai Statement REM

REM jadwal saya.
CLS
print”hello world”.

3. Statement END

yang niscaya end itu untuk mengakhiri jadwal /  keluar dari jadwal Q basiq

4. Statement PRINT

Fungsi dari Statement PRINT

Statement PRINT, dipakai untuk menampilkan data ibarat pada jadwal “hello world” yang telah aku bahas, pada layar tampilan/ layar output. Statement print ini sendiri mempunyai 2 bentuk umum, yaitu : print “hello world”

4. Statement LET

Fungsi dari Statement LET

Statement LET, merupakan salah satu statement input-output yang dipakai untuk memasukkan sebuah nilai atau harga ke dalam suatu variable. Harga suatu variable itu sanggup berubah-ubah.

5. Statement INPUT

Fungsi dari Statement INPUT

Statement INPUT merupakan statement yang datanya sanggup berubah sesuai kehendak pegguna pada ketika jadwal sedang berjalan dan nilainya pun sanggup berubah-ubah sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan statemen INPUT jadwal sanggup membaca data tipe numeris, dan atau string.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 6 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Statement Dasar Qbasic | admin | 4.5


error: Content is protected !!