Download Source Code Aplikasi

Tipe Data Java Part 7 – Mengenal Tipe Data Double Pada Java

Saturday, March 4th, 2017 - Java

Tipe Data Java Part 7 – Mengenal Tipe Data Double Pada Java

Di sini masih membahas perihal bilangan floating point untuk tipe data double juga termasuk bilangan floating point. Pada bilangan floating point hanya mempunyai dua tipe data ialah float dan double. Untuk klarifikasi tipe data double sanggup kita simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Tipe Data Double Pada Java

Tipe data double merupakan tipe data yang mengandung tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan tipe data float. Tipe data double mempunyai presisi gandang yang sanggup kita bilang dengan (double precision) dan memakai ruang penyimpanan 64 bit dalam dilema penyimpanan suatu nilai. Untuk tipe data double tentunya jauh lebih cepat untuk melaksanakan yang namanya perhitungan matematis dari pada tipe data float. Pada tipe data ini, perhitungannya yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, lebih baik kita memakai tipe data ini untuk dilema perhitungan yang mempunyai angka di belakang koma. Kita sanggup memanfaatkan tipe data ini dalam perhitungan yang mempunyai angka di belakang koma dalam penambahan, pengurangan dan sebagainya. Misalnya nilai a = 20.88890 maka tipe data ini sanggup menghitung dengan jumlah yang baik tampa harus dibulatkan saat proses perhitungan. Untuk melihat nilai minimal dan nilai maksimal yang terdapat pada tipe data double silakan lihat pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Double Pada Java

Tipe Data

Ukuran (byte) Nilai Minimal Nilai Maksimal
Double 8 byte -1.7e308

1.7e308

Tidak perlu berpanjang lebar mari kita lihat teladan pengodeannya simak penjelasannya di bawah ini.

Kode Tipe Data Double Pada Java

Hasil Run Project

Itulah hasil pemogramannya kita sanggup lihat dengan hasil yang lebih baik, sedikit pemberitahuan untuk memakai tipe data double kita dilarang memakai tipe data lainnya. Pada pengodean di atas dengan nama variabel hasil harus disertakan dengan tipe data double jikalau tidak maka akan terjadi peringatan (seperti garis merah di bab bawah). Semoga lebih paham dalam penggunaan tipe data double ini, biar bermanfaat dan hingga jumpa ke pembelajaran selanjutnya.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tipe Data Java Part 7 – Mengenal Tipe Data Double Pada Java | admin | 4.5