Download Source Code Aplikasi

Tips Mempercantik Tampilan Apache Directory Listing dengan Apaxy

Thursday, November 14th, 2019 - Web Server

Selamat siang … Hari ini kita akan memoles apache listing itemizing dengan Apaxy. Apache direcroty itemizing? Apaxy? Apaan tuh?Apache listing itemizing itu… kalau menurut saya, bagaimana localhost (apache) menampilkan knowledge yang terdapat di suatu direktory. Coba lihat gambar berikut:

Itu yaitu direktory yang diakses menggunakan localhost. Nah, hari ini kita akan memoles tampilan tersebut agar lebih enak dilihat. Apabila ada yang bertanya, bagi apa kita melakukannya? Karenanya, jawaban saya yaitu agar lebih enak dilihat saja. Apabila sahabat pernah ke repo http://kambing.ui.ac.id/fedora/, tentu tampilan listing list-nya tak seperti gambar di atas bukan?

Lalu apa itu Apaxy? Apaxy yaitu theme yang akan kita gunakan bagi memoles tampilannya. Bagi mengunduhnya, silahkan kunjungi websitenya di http://adamwhitcroft.com/apaxy/, dapat pun dengan mengunjungi halamannya di github dengan hyperlink https://github.com/AdamWhitcroft/Apaxy.

Baiklah, sekarang ini kita mulai proses pemolesan apache listing itemizing.

1. Unduh Apaxy di hyperlink di atas.

2. Ekstrak, dan pindah file yang terdapat di pada folder apaxy ke localhost.

3. Pastikan mod_rewrite telah aktif, karena kita akan menggunakan .htaccess. Apabila belum, silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan .htaccess.

4. Rename file htaccess.txt menjadi .htaccess

5. Lalu menej file .htaccess tersebut, tapi yang sangat urgen yaitu ganti {FOLDERNAME} dengan direktory domisili direktory kita. Berhubung, kita memindahkan folder theme dan file htaccess seketika ke localhost, karenanya hapus saja /{FOLDERNAME}.

6. Restart apache kita. Lalu cek, dengan mengakses direktory yang terdapat di localhost.

Notice: Kita dapat menambahkan dan memodifikasi tampilah tersebut dengan memodifikasi file header.htmlfooter.html, dan model.css. Contoh yang telah sedikit saya modifikasi yaitu:

Begitulah… Bila ada pertanyaan, silahkan isi komentar di bawah.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 11 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tips Mempercantik Tampilan Apache Directory Listing dengan Apaxy | admin | 4.5


Leave a Reply