Download Source Code Aplikasi

Tutorial 4 Pemrograman Java Netbeans – Disain Form Dengan Tombol Hapus Dan Tombol Keluar

Thursday, April 21st, 2016 - lainnya

Hallo sahabat coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat! Ok, kali sesuai dengan Gambar pertama yang ada di atas pada artkel ini, saya akan membagikan tutorial perihal “Tutorial 4 Pemrograman Java Netbeans  – Disain Form Dengan Tombol Hapus Dan Tombol Keluar”. Dimana tutorial ini yakni tutorial lanjutan saya yang sebelumnya yaitu perihal “Tutorial 3 Pemrograman Java Netbeans – Cara Membuat Form”. Sebenarnya artikel ini sebelumnya sudah saya upload pada blog saya yang satu nya lagi, yaitu di “joncode.blogspot.com”. namun pada blog saya yang lain tersebut kini sudah tidak mengecewakan lemot, jadi saya pindah ke blog saya yang gres ini.
Ok, tanpa berlama-lama panjang lebar klarifikasi dari saya, ada baiknya kita pribadi saja ke pokok permasalahannya. Karna jika terlalu panjang lebar pembukaannya akan menciptakan anda menjadi bosan. So, Langsung saja ke pokok permasalahannya, dan berikut langkah-langkahnya: 

1. Pertama-tama silahkan anda buka Netbenas IDE. Disini pada teladan kali ini saya masih memakai Netbeans IDE 8.1.
2. Kemudian buatlah project baru. Untuk menciptakan project baru, saya sudah menjelaskannya pada artikel sebelumnya yaitu di “CARA MEMBUAT PROJECT BARU DI NETBEANS”.
3. Setelah project anda sudah dibuat, kemudian buatlah 1 buah Form gres pada project anda tadi. Untuk menciptakan Form pada project anda, saya telah menjelaskannya pada artikel sebelumnya dengan judul “CARA MEMBUAR FORM DI NETBEANS”.

4. Setelah form anda sudah dibuat, silahkan anda lihat ke bab Tools “Palette” yang ada di bab kanan ->> Kemudian di bab group “Swing Controls” ->> pilih “Jlabel”.
5. Setelah anda meng-klik “Jlabel” kemudian selanjutnya anda klik di Form yang sudah anda buat tadi, dan silahkan anda posisikan “Jlabel” anda sesuai cita-cita anda, atau kurang lebih akan menjadi menyerupai gambar berikut :
6. Setelah itu, untuk merubah text yang ada pada “Jlabel” yang ada pada form anda tadi, silahkan anda klik kanan pada “Jlabel” yang ada pada “Form” anda tadi, kemudian pilih “Edit Text”.
7. Kemudian ganti goresan pena “jlabel1” terserah anda. Pada teladan ini saya menggantikan “jlabel” tersebut menjadi “JONCODE1990.BLOGSPOT.COM”, sehingga menjadi menyerupai gambar berikut :
8. Kemudian lakukan lagi Langkah 4 hingga langkah 7 hingga form anda menjadi menyerupai gambar berikut :
9. Kemudian silahkan anda kembali lagi ke “Palette”, di bab group “Swing Controls” pilih “JText Field”.
10. Kemudian posisikan “Jtext Field” tersebut pada form anda sehingga menjadi menyerupai ini :
11. Setelah anda posisikan “Jtext Field” tersebut, kemudian atur ukurannya sesuai cita-cita anda. Disini saya mengaturnya kurang lebih menyerupai berikut :
12. Kemudian, untuk mengosongkan text yang ada pada “Jtext Field” tersebut, klik kanan pada “Jtext Field” yang ada pada form tersebut, kemudian pilih “Edit Text”
13. Kemudian kosongkan “jTextField1” tersebut menjadi menyerupai gambar berikut :
14. Dan klik kanan lagi pada “Jtext Field” yang ada pada form anda, kemudian pilih “Change Variable Name”, maka akan tampil tab “Rename”. Pada tab “Rename”, di kolom “New Name” ubah name-nya menjadi “txt_kode”. Setelah itu klik OK. Kurang lebih menyerupai gambar berikut:
Keterangan : 
Kenapa Variabel_Name “jtextfield1” saya ubah menjadi “txt_kode”? alasannya yakni “Jtextfield1” adanya di posisi Kode.

15. Setelah itu, lakukan lagi langkah-langkah 9 hingga 14, dimana “variabel_name” dari masing-masing “Jtext Field” diubahsuaikan dengan posisinya. sehingga hasil form anda menyerupai berikut :
Keterangan :
Ubah Varable_name “jtextfield2” menjadi ->> “txt_nama”
Ubah Varable_name “jtextfield3” menjadi ->> “txt_jabatan”
Ubah Varable_name “jtextfield4” menjadi ->> “txt_gaji”

16. Naaah…, kini anda sudah mulai mengerti perihal penggunaan “Jlabel, Jtext Field” kan…?! Namun sesudah itu, ada sedikit pemanis lagi, yaitu tambahkan “JButton” sebanyak dua buah pada “Form” anda. Cara menambahkan “JButton” Saya rasa anda sudah tau cara menambahkannya ke form anda tersebut, yaitu menyerupai langkah-langkah sebelumnya, yaitu pada langkah 4 ataupun pada langkah 9. Namun yang anda cari di group swing tersebut yakni “Button”.

17. Setelah itu, posisikan “JButton” anda pada form kurang lebih menyerupai berikut :
18. Lakukan langkah 12 samapi 14 sehingga untuk kedua buah “Jbutton” pada form anda tersebut menjadi menyerupai berikut :
 Keterangan :
Ubah Varable_name “jButton1” menjadi ->> “btn_hapus”
Ubah Varable_name “jButton2” menjadi ->> “btn_keluar” 
19. Setelah itu semua, saatnya kita masuk ke tahap Source Code, dimana kita akan mengetikkan kode/bahasa pemrograman-nya. Untuk Source Code tombol “Hapus”, klik kanan pada button “Hapus”, kemudian pilh “Events ->> Action ->> actoinPerformed”

20. Maka kita akan di tujukan pada tab “Source”. Dimana tab “Source” yakni daerah kita untuk mengetikkan instruksi dengan “Bahasa Pemrograman Java”. Kurang lebih tampilan tab “Source” Java Netbeans yakni sebagai berikut :
21. kemudian ketikkan instruksi berikut :



Ketikkan instruksi tersebut di bawah
private void btn_hapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

Sehingga pada tab “Source” kurang lebih menyerupai berikut :


Keterangan rumus :
– Source instruksi “txt_kode, txt_nama, txt_jabatan, txt_gaji” yakni nama dari setiap variabel dari “TextField” yang kita ubah tadi.
– Source koode “setText(“”)” yakni berfungsi untuk men-setting variabel tersebut text-nya menjadi kosong.
22. Kemudian silahkan kembali ke tab “Design” untuk mendisain ulang form kita.

23. Dan selanjutnya lakukan langkah 19 untuk Button “Keluar”, dan ketikkan instruksi berikut :

24. Setelah semua langkah-langkah di atas anda ikuti secara benar, maka untuk melihat karenanya silahkan anda run project anda dengan mengklik tombol “Start” yang ada pada bab atas netbeans anda. Tombolnya kurang lebih menyerupai berikut :

Maka karenanya akan menyerupai ini :



Ok, sekian dulu tutorial dari saya, salah dan kurangnya dalam artikel ini, saya mohon ma’af. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel lainnya perihal “Kumpulan Tutorial Pemrograman”, Silahkan klik disini.

Dan bagi anda yang ingin diskusi perihal Pemrograman “Java dan PHP” silahkan gabung di group FB “Forum Programer Java dan PHP Indonesia.
Salam Sukses.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial 4 Pemrograman Java Netbeans – Disain Form Dengan Tombol Hapus Dan Tombol Keluar | admin | 4.5


error: Content is protected !!