Download Source Code Aplikasi

Tutorial Belajar Membuat Website Sederhana Menggunakan Apache2

Thursday, November 7th, 2019 - Tutorial Website, Web Server

 

Assalamualalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi rekan rekan sekalian, Di kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana merancang laman sederhana dengan menggunakan Internet Server Apache2. Di Artikel sebelumnya kita telah menginstall Internet server menggunakan Apache2 dapat lihat disini Artikelnya Install APACHE, PHP7, MySQL Server dan PhpMyadmin di Ubuntu Server 18.04 LTS 
Sebelum kita merancang laman ada baiknya kita memahami apa itu Internet Server.
1. Pengertian Internet Server
Internet server yakni sebuah Service yang memberikan layanan dengan information dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS di klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama internet browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan bagi mengirimkan kembali yang hasilnya pada format beberapa halaman internet dan di umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
2. Manfaat Internet Server
Manfaat utama dari internet server yakni bagi menjalankan atau mentransfer berkas permintaan pengguna lewat protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman internet yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.
Diantara contoh dari Internet Server yakni Apache. Apache (Apache Internet Server – The HTTP Internet Server) adalah internet server yang sangat banyak dipergunakan di Web.
3. Cara kerja Internet Server
Sederhananya fungsi internet server yakni bagi menerima permintaan dari klien dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh klien tersebut.
Di dikala klien (browser) meminta information internet web page kepada server, karenanya instruksi permintaan information oleh browser tersebut akan dikemas di pada TCP yang adalah protokol transport  dan dikirim ke tempat tinggal yang pada hal ini adalah protokol berikutnya yaitu HTTP dan atau HTTPS.
Knowledge yang diminta dari browser ke internet server disebut dengan HTTP request yang kemudian akan dicarikan oleh internet server di pada komputer server. Seandainya ditemukan, information tersebut akan dikemas oleh internet server pada TCP dan dikirim kembali ke browser bagi ditampilkan.
Nah, information yang dikirim dari server ke browser dikenal dengan HTTP response. Seandainya information yang diminta oleh browser tersebut ternyata tak ditemukan oleh internet server, karenanya internet server akan menolak permintaan tersebut dan browser akan menampilkan notifikasi Web page Not Discovered atau Error 404.
Sumber
4. Installasi apache2 Internet Server 
Sebelumnya kita akan menginstall Service Internet Server menggunakan apache2 bagi installasinya lumayan gampang, silahkan jalankan petunjuk berikut ini.

bagi pengetesan buka browser lalu masukan di url http://[ip address server]
Seandainya rekan rekan berhasil karenanya akan keluar tampilan Default Web page dari Apache2, Berikutnya kita akan merancang contoh laman sederhana. bagi penenmpatan laman yang akan kita bikin berada di Direktori /var/www/html/ di direktori inilah kita akan meletakan file-file laman yang akan kita bikin. bagi beralih ke direktori html silahkan jalankan petunjuk berikut.

bagi melihat isi dari direktori html jalankan petunjuk ls, dapat kita lihat di pada direktori html terdapat file index.html file inilah halaman Default web page Apache2 di Ubuntu.
Berikutnya kita akan merancang forlder baru di pada folder html folder ini yang akan kita gunakan bagi menempatkan file-file laman yang akan kita bikin. bagi merancang folder baru jalankan petunjuk mkdir. selaku contoh disini saya merancang folder bernama website1.

berikutnya kita beralih di folder yang baru kita bikin. dan kita bikin file index.html di folder tersebut.

lalu modifikasi file index.html

lalu copy file html dibawah ini

Simpan perubahan dengan menekan tombol di keyboard Ctrl + X lalu tekan [ENTER] lalu restart service apache2

Bagi pengetesan silahkan buka browser rekan rekan lalu masukan di url http://[IP Server]/namafolder Contohnya http://192.168.77.107/website1/ jadi yang kita panggil masih nama foldernya karena kita belum mempunyai nama area. di artikel berikutnya kita akan pengaturan area dan kita akan translasikan di laman yang baru kita bikin.
Okay Demikian artikel sederhana ini saya bikin gampang mudahan bermanfaat untuk kita segala. Terimakasih.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 15 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Belajar Membuat Website Sederhana Menggunakan Apache2 | admin | 4.5


Leave a Reply
error: Content is protected !!