Download Source Code Aplikasi

Tutorial Cara Koneksi Java Netbeans Dengan Database MySql

Monday, July 18th, 2016 - Tutorial Java

Mungkin masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuat koneksi java ke mysql. Sebenarnya menghubungkan database mysql ke aplikasi java yang akan kita buat tidaklah rumit. coba deh lihat tutorial berikut ini yang menjelaskan tentang cara membuat kode koneksi java ke database mysql. java Caranya: 1. Buat Project baru 2. dalam “package” Source Packages buatlah kelas baru bernama “DB” 3. Lalu copy script berikut

4. Coba test (di-build lalu di-run) 5. Jika muncul pernyataan seperti berikut ini: Koneksi dengan Datagase gagal: null ID dan Password Anda gagal No suitable driver found for jdbc:mysql://localhost:3306/mahasiswadb Artinya program kita belum bisa terhubung dengan database. Kenapa? Karena dalam Library, kita belum memberikan library “MySQL JDBC Driver” yang berfungsi untuk menjembatani program kita dengan MySQL. 6. Silahkan Klik kanan pada “Libraries” lalu pilih “Add library” addlibrary-javanetbean

Add Library

6. Dari pilihan “Global Library” pilih “MySQL JDBC Driver” dan Add library. mysql-driver-javanetbeans

MySQL Driver

7. Coba “build” lagi source code tersebut. Seharusnya sudah connect dan muncul keterangan “NyambungBUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)”

8. Jika masih belum nyambung, coba cek kembali apakah MySQL dalam XAMPP sudah berjalan/run? apakah nama database-nya benar? apakah ID dan password MySQL-nya benar?

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami.



(Telah didownload 49 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Cara Koneksi Java Netbeans Dengan Database MySql | admin | 4.5


Leave a Reply
You might also likeclose
error: Content is protected !!