Download Source Code Aplikasi

Tutorial Cara Membuat DNS Server pada Ubuntu Server 18.04

Thursday, November 7th, 2019 - Networking, Tutorial Website, Web Server

Selamat pagi rekan rekan sekalian, Artikel ini yakni lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Belajar Membuat Website Sederhana dengan Apache2 dan di Artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara pengaturan DNS Server yang nantinya laman yang sebelumnya kita bikin akan kita panggil dengan menggunakan nama area.Seperti rekan rekan ketahui Area Title System atau yang biasanya disingkat dengan DNS yakni sebuah program yang berfungsi menterjemahkan tempat tinggal IP ke nama area atau sebaliknya, dari nama area ke tempat tinggal IP. Jadi, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan area identify server yang kemudian dipetakan ke pada tempat tinggal IP oleh DNS.

 

 

1. Set up DNS Server
Okay bagi program DNS Server yang akan kita gunakan yakni Bind9, Bind9 ini yakni program yang sangat umum digunakan di System Operasi bertipe Unix yang diaplikasikan di Web. bagi installasinya silahkan jalankan command berikut.

Apabila standing firewall di server rekan rekan aktif karenanya silahkan di Permit di port 53 dengan command

2. Konfigurasi Community Interface
Sebelumnya Konfigurasi IP Static, Resolv.conf dan hosts seperti dibawah ini.
konfigurasi resolv.conf
Konfigurasi Hosts
3. Konfigurasi DNS Server
Selaku contoh IP Tackle di DNS Server saya yakni 192.168.77.103 dan disini saya akan merancang satu buah nama area yaitu contohwebsite1.com yang nantinya di IP Tackle 192.168.77.103 akan diterjemahkan menjadi nama area yaitu contohwebsite1.com. bagi konfigurasi DNS berada di direktori /and so forth/bind/ lalu kita akan bikin dua buah file yang kita copy dari file db.127 disini saya merancang file dengan nama db.website1 dan db.net

Menej file named.conf.native seperti dibawah ini

Mohon diperhatikan penggunaan titik dua, koma dan titik kalau ada kesalahan di penggunaan tersebut karenanya akan mengakibatkan system tak jalan. Simpan perubahan dengan menekan Ctrl + X, lalu tekan Y, lalu [ENTER] bagi yang saya tandai warna merah mohon disesuaikan dengan masing masing ya. lalu berikutnya menej file db.website1

Simpan perubahan dengan menekan tombol Ctrl + X lalu Y lalu tekan [ENTER]
Keterangan :
  • A Report, bagi mengklasifikasi hostname ke IP adress 32-bit (IPv4).
  • AAA Report, bagi mengklasifikasi hostname ke IP handle 128-bit (IPv6).
  • MX Report, bagi mengklasifikasi area ke mail change server.
  • CNAME Report, bagi merancang nama alias dari sebuah area.
  • NS Report, bagi mengklasifikasi area ke pada satu daftar dari DNS Server.
Berikutnya Menej file db.net

Simpan perubahan dengan menekan CTRL + X, lalu tekan Y, lalu Enter. Lalu restart Service Bind9 agar seluruh konfigurasi diatas dapat berjalan. Bagi merestartnya, ketikkan command dibawah ini.

bagi pengetesan jalankan command nslookup

Apabila berhasil karenanya IP Tackle dari 192.168.77.103 akan diterjemahkan ke nama area contohwebsite1.com bagi lebih jelasnya silahkan jalankan command ping.
4. Merancang Digital Host
Berikutnya kita akan konfigurasi Digital Host. Digital Host yakni suatu mekanisme bagi mengatur banyak laman atau URL di pada satu mesin atau satu IP. Contohnya kita mempunyai banyak area tapi hanya mempunyai 1 IP public atau 1 server. Cara bagi mengatasi hal tersebut yakni dengan cara merancang virtualhost yang terdapat di net server. jadi di artikel sebelumnya kita telah merancang laman sederhana dan nantinya akan kita bikin 1 virtualhost dengan nama area contohwebsite1.com, jadi ketika kita mengakses contohwebsite1.com karenanya yang keluar yakni tampilan laman yang sebelumnya kita bikin. Okay bagi konfigurasi Digital Host berada di direktori /and so forth/apache2/site-available/

lalu bikin satu buah file dengan nama website1.conf

Menej file tersebut

DocumentRoot yakni direktori dari penempatan laman ya, jadi mohon disesuaikan dengan direktori masing masing websitenya. Simpan perubahan dengan menekan Ctrl + X lalu Y lalu tekan [ENTER] lalu aktifkan digital host dengan command berikut.

lalu restart service apache2

bagi pengetesan arahkan DNS di PC Shopper ke tempat tinggal IP 192.168.77.103 lalu jalankan nslookup dan ping ke area contohwebsite1.com
Buka browser lalu arahkan di url www.contohwebsite1.com kalau berhasil karenanya akan tampil laman yang sebelumnya kita bikin.
Okay Demikian Artikel singkat ini saya bikin, gampang mudahan bermanfaat bagi kita seluruh Demikianlah Terimakasih.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 14 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Cara Membuat DNS Server pada Ubuntu Server 18.04 | admin | 4.5


Leave a Reply
error: Content is protected !!