Download Source Code Aplikasi

Tutorial Java Netbeans – Cara Gampang Menciptakan Simpan(Save) Ke Database Mysql

Sunday, July 31st, 2016 - lainnya

Hallo sabat coding, menyerupai biasa, saya sapa dulu. Bagaimana kabarnya sobat-sobat? biar dalam keadaan sehat ya sobat! hehehe…., walaupun ketika saya upload tutorial ini pada blog saya yang sederhana ini waktunya sudah tengah malam (yaitu pada jam 2 malam), tapi saya tetap masih semangat untuk mengembangkan ilmu buat sobat-sobat coding sekalian yang ingin berguru pemrograman…., terutama pemrograman Java.
Ok, kembali ke topik, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang masih mengenai bahasa pemrograman Java, yaitu perihal “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT SIMPAN(SAVE) KE DATABASE MYSQL”. Dimana tutorial ini ialah lanjutan dari tutorial saya sebelumnya yaitu perihal “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL”. 

Ok, menyerupai biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya :
1. Silahkan anda buat dulu sebuah database MySQL dengan nama “db_contoh”, dan didalam database tersebut buatlah sebuah tabel dengan nama “tabel_barang” dengan 4 field, yaitu “kode_barang, nama_barang, tgl_masuk, harga”. Dan silahkan anda isi beberapa data pada “table_barang” tesebut sesuai harapan anda. Untuk lebih jelasnya perihal cara gampang menciptakan database MySQL, silahkan klik DINISI. Kurang lebih database anda menyerupai gambar berikut :

2. Selanjutnya, saya harap anda sudah membaca artikel sebelumnya, yaitu perihal “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL” (silahkan anda baca terlebih dulu). Jika anda sudah membaca artikel “cara menampilkan data database MySQL ke Java Netbeans” tersebut, dimana artikel tersebut saya sudah menciptakan sebuah form dengan nama “form_data_barang”. Kurang lebih hasil disain “form_data_barang” tersebut ialah menyerupai gambar berikut :

3. Setelah langkah 2 sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan anda tambah disain pada “form_data_barang” menyerupai gambar berikut :

4. Setelah itu silahkan anda Rename setiap komponen yang gres anda tambahkan tadi pada “form_data_barang” menyerupai seakan-akan tabel berikut :

5. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada button “Simpan” dan pilih “Evens -> Action -> actionPerformed….”.

6. Kemidian pada button “Simpan” silahkan ketikkan koding menyerupai gambar berikut:

7. Kemudian lakukan lagi langkah 5 untuk button “Reset”, lalu silahkan ketikkan koding menyerupai gambar berikut :

8. Setelah itu silahkan anda jalankan kegiatan anda. Jika berhasil, maka jadinya akan menyerupai gambar berikut :

9. Selesai.

Jika anda masih resah dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :
Bagi sahabat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI. Dan berikut juga saya sertakan SourceCodenya, untuk mendownload SourceCode yang sudah jadinya, silahkan klik DISINI.

Sekian artikel tutorial ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma’af. Karena saya masih dalam tahap berguru juga. Heheheee…!! Dan biar bermanfaat.
Untuk membaca artikel lainnya perihal “Kumpulan Tutorial Pemrograman” silahkan klik disini. 

Seperti biasa, komplemen dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.
Salam Sukses.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 5 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Java Netbeans – Cara Gampang Menciptakan Simpan(Save) Ke Database Mysql | admin | 4.5


error: Content is protected !!