Download Source Code Aplikasi

Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (2) Menciptakan Koneksi Php Ke Database Mysqli

Tuesday, May 1st, 2018 - MySQL

Pada seri tutorial CRUD PHP sebelumnya kita sudah mencar ilmu menciptakan database MySQL, lalu pada seri ini kita akan menciptakan koneksi PHP ke Database MySQLi. Untuk mengawalinya kita buat folder didalam htdocs bernama crud.

Selanjutnya buka arahan editor kamu, dalam pola ini aku menggunakan VS Code. Kemudian tarik (drag drop) folder htdocs ke dalam arahan editor kamu. Maka folder yang kau tarik ke text editor akan terbuka menyerupai ini.

Selanjutnya buat file index.php didalam folder crud, dan tulis arahan menyerupai pola arahan berikut :

Setelah arahan diatas ditulis dan disimpan, selanjutnya buat file lagi dengan nama koneksi.php. Tentunya file tersebut juga dibentuk didalam folder crud. Kemudian tulis arahan koneksi database menyerupai pola dibawah ini :

Setelah arahan diatas ditulis lalu jangan lupa disimpan. Dari kedua file php yang sudah kita buat diatas maka tampilannya pada code editor menjadi menyerupai ini :

Penjelasan Kode

Pada file index.php terdapat kode require_once(“koneksi.php”); yang maksudnya file index.phpmemanggil file koneksi.php untuk dijalankan. File tersebut dipanggil secara require once. Bagi kau yang belum paham dengan require once, 

Pada file koneksi.php pada baris nomor 7 terdapat kode $konek = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db) or die(“Koneski ke database gagal”);. Kode tersebut maksudnya menjalankan functionmysqli_connect(), dan hasil dari menjalankan function mysqli_connect() tersebut disimpan kedalam variabel $konek. Dan ketika function tersebut tidak sanggup melaksanakan koneksi dengan baik maka akan menampilkan “Koneski ke database gagal”.

Dalam pola diatas mysqli_connect() menggunakan 4 buah argumen yaitu $host$user$pass, dan $db.$host berisi type data string dengan data “localhost”$user berisi data user dari database MySQL biasanya ketika memakai xampp user databasenya bernama root$pass berisi password dari database, jikalau kau belum pernah setting password database xampp kau bisanya password ini masih kosong, dan dalam variabel $pass barisi type data string kosong (tanpa spasi). Dan $db yaitu nama database yang kita buat pada seri sebelumnya.

Selanjutnya jalankan file index.php pada browser dengan url localhost/crud/index.php. Apabila browser hanya menampilkan halaman kosong menyerupai gambar dibawah maka kau telah berhasil menciptakan koneksi ke database. Namun apabila menampilkan keterangan error coba pahami error tersebut ada di baris nomor berapa, dan keterangan errornya apa.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 2 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (2) Menciptakan Koneksi Php Ke Database Mysqli | admin | 4.5


error: Content is protected !!