Download Source Code Aplikasi

Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (3) Memasukkan Data Ke Databese Mysqli (Create)

Tuesday, May 1st, 2018 - MySQL

Pada seri sebelumnya kita sudah menciptakan arahan koneksi ke database dan selanjutnya pada seri ini kita akan berguru menciptakan arahan memasukkan data ke database MySQLi. Sebelum menciptakan arahan PHP memasukkan data ke dalam database, kita edit file index.php terlebih dahulu. Dalam file index.php kita edit dengan menambahkan struktur dasar HTML dan juga sebuah link menuju halaman untuk tambah data. Dan berikut yaitu kode index.php setelah diedit menjadi menyerupai berikut :
Pada arahan diatas baris nomor 5 – 14 kita menambahkan arahan struktur HTML dan sebuah link yang menuju ke tambah.php. Tentunya kini kita buat file tambah.php, dan tulis arahan dibawah ini didalam filetambah.php :
Selanjutnya jalankan file index.php, maka akan tampil sebuah link yang tampil dengan nama Tambah Data. Selanjutnya klik link tersebut makan akan menuju ke halaman tambah data menyerupai gambar dibawah. Gambar dibawah terdapat sebuah form yang berfungsi untuk input data, kini silakan isi form tersebut.
Setelah semua isian dalam form diisi, selanjutnya klik Tambah Data. Jika tidak ada error maka sehabis klik Tambah Data maka akan kembali ke halaman index.php. Selanjutnya silakan cek tabel database yang kita buat sebelumnya. Maka akan terisi data yang kita masukkan dalam form tadi.
Saya sarankan untuk menambahkan beberapa data dengan cara menyerupai diatas. Hingga didalam database tersimpan lebih dari 1 data. Fungsinya kita gunakan untuk berguru read data di seri selanjutnya.

Penjelasan Kode

Karena arahan yang kita tulis diatas cukup banyak, maka dari itu aku akan menjelaskan yang sekiranya penting dalam CRUD PHP ini. Karena apabila kau sudah belajar HTML Dasar dan PHP Dasar pasti kode-kode yang tidak aku jelaskan sudah paham maksudnya. Dan perlu aku ingatkan lagi, pada awal seri berguru CRUD PHP ini aku sarankan sudah memahami HTML dan PHP dasar terlebih dahulu.
Sekarang silakan simak arahan pada file tambah.php. Pada baris nomor 4 terdapat kodeif(isset($_POST[‘submit’])) yang maksudnya dikala variabel array $_POST[‘submit’] sudah diset, dalam tumpuan ini tombol submit sudah diklik maka akan menjalankan arahan yang ada didalam blok arahan if tersebut.
Selanjutnya pada baris nomor 10 terdapat kode $query = “INSERT INTO anggota (nama, alamat, jenis_kelamin) values(‘$nama’, ‘$alamat’, ‘$jenis_kelamin’)”;. Kode tersebut merupakan arahan query ke database MySQL. Yang fungsinya memasukkan data ke dalam tabel anggota pada kolom nama, alamat, dan jenis_kelamin dengan value nilai dari variabel $nama, $alamat, $jenis_kelamin. Dengan catatan urutan nama kolom sesuai dengan urutan value yang disebutkan.
Pada baris nomor 11 terdapat kode if(mysqli_query($konek, $query)), yang maksudnya menjalankan function mysqli_query(). Function tersebut memakai argumen $konek dan $query. Variabel $konekkita definisikan didalam file koneksi.php, variabel $konek merupakan variabel yang berisi koneksi ke database. Sedangkan variabel $query yang inti dari variabel ini sudah dijelaskan diatas. Funtionmysqli_query() jika berhasil menjalankan query makan akan menghasilkan nilai true, sehingga akan menjalankan arahan yang ada di baris nomor 12, yaitu header(“Location: index.php”); yang maksudnya mengalihkan atau redirect ke file index.php. Dan apabila function mysqli_query() gagal menjalankan query (terdapat kesalahan query) maka akan menghasilkan nilai false, sehingga menjalankan arahan yang ada di baris nomor 14, yaitu menampilkan “Tambah data gagal”.
Pada baris nomor 18 terdapat kode mysqli_close($konek), yang berfungsi untuk menutup koneksi ke database.

Part Berikutnya :

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (3) Memasukkan Data Ke Databese Mysqli (Create) | admin | 4.5


error: Content is protected !!