Download Source Code Aplikasi

Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (5) Edit Data Database Mysqli (Update)

Tuesday, May 1st, 2018 - MySQL

Sekarang kita akan mencar ilmu edit data database MySQLi, maksudnya kita akan mengedit data yang sudah disimpan didalam database MySQL memakai PHP, dan dalam CRUD biasanya disebut sebagai update. Untuk memulai edit data kita buat link terlebih dahulu pada file index.php, link tersebut akan menuju ke file edit.php. Namun dalam link tersebut kita juga akan mengirim variabel dengan nama id yang berisi id dari setiap data yang ingin di edit.
Untuk lebih jelasnya eksklusif saja kita tulis kodenya, kini silakan buka file index.php kemudian tambahkan arahan menyerupai yang terdapat pada baris nomor 31 pada teladan dibawah ini.
Pada baris nomor 32 pada teladan arahan diatas terdapat tag HTML link yang mempunyai atribut href=”edit.php?id=<?php echo $row[‘id’]; ?>”, maksudnya atribur href tersebut dengan value edit.php?id= kemudian ditambah id dari database. Id tersebut yang nantinya dipakai untuk edit data.
Setelah itu kita buat file edit.php yang mempunyai form hampir menyerupai dengan form tambah data. Namun sebab yang kita buat merupakan form edit data, maka dalam form tersebut ketika tampil juga akan menampilkan data dari database yang akan diedit. Maka dari itu dalam file edit.php kita juga akan membaca data terlebih dahulu untuk ditampilkan kedalam form. Dan berikut ialah arahan dalam fileedit.php.
Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kau coba jalankan file index.php terlebih dahulu, lalu klik link edit pada salah satu data.
Maka sesudah klik edit akan dibawa kedalam file edit.php yang tampilannya terdapat sebuah form yang sudah menampilkan data yang ingin kita edit.
Karena dalam file edit.php belum final ketika kau klik tombol Update Data pada form tersebut data yang ada didalam database tidak ikut terupdate, bahkan akan muncul error. Sebelum menciptakan arahan untuk update data ke database sebaiknya aku jelaskan arahan yang terdapat didalam file edit.php terlebih dahulu.

Penjelasan Kode

Pada baris nomor 4 terdapat kode $id = $_GET[‘id’];, arahan tersebut maksudnya untuk menangkap variabelid yang dikirim dari file index.php dengan metode get, dan disimpan kedalam variabel $id (dalam file edit.php). Contohnya menyerupai gambar diatas ketika klik link edit maka url yang dituju localhost/crud/edit.php?id=2, dalam teladan url tersebut berarti file index.php mengirim variabel id = 2. Id tersebut berasal dari kolom id yang terdapat pada database, jadi setiap link edit akan mempunyai id yang berbeda-beda.
Selanjutnya pada baris nomor 4 terdapat kode $query = “SELECT * FROM anggota WHERE id = $id”;, maksud dari kode “SELECT * FROM anggota WHERE id = $id” yaitu menentukan semua kolom yang terdapat pada tabel anggota yang mempunyai id sesuai dari nilai variabel $id tersebut. Kemudian arahan query tersebut disimpan kedalam variabel $query.
Pada baris nomor 6 terdapat kode $data = mysqli_query($konek, $query);, yang maksudnya menjalankan function mysqli_query(). Function tersebut merupakan function untuk menjalankan query ke database. Function mysqli_query() pada teladan diatas terdapat 2 buah argumen dengan variabel $konek dan$query. Variabel $konek kita buat di seri menciptakan koneksi, yang berasal dari file koneksi.php. Dan variabel $konek menyimpan data koneksi database. Sedangkan variabel $query sudah kita jelaskan diatas. Selanjutnya hasil dari mysqli_query() disimpan kedalam variabel $data.
Pada baris nomor 16 terdapat kode while($row = mysqli_fetch_assoc($data)) yang maksudnya menjalankan mysqli_fetch_assoc($data). Tujuannya untuk mengubah data objek yang ada didalam variabel$data, menjadi array yang lalu disimpan dalam variabel $row. Karena variabel $data hanya berisi sebuah data maka perulangan pada baris tersebut hanya berjalan 1 kali.
Kemudian pada baris nomor 18 hingga 35 terdapat arahan yang intnya menampilkan isi dari array $row, dengan key array sesuai nama kolom yang terdapat pada database. Data $row tersebut ditampilkan sebagai value didalam form. Dan pada baris nomor 35 terdapat kode <input type=”hidden” name=”id” value=”<?php echo $row[‘id’]; ?>”> yang maksudnya input dengan type hidden berarti input tersebut tidak terlihat. Dan value=”<?php echo $row[‘id’]; ?> berarti menciptakan nilai (value) id yang berasal dari id database, untuk ditempatkan pada value input tersebut. Id tersebut dipakai untuk keperluan query update data.
Selanjutnya pada baris nomor 41 terdapat kode mysqli_close($konek); yang berfungsi untuk menutup koneksi database.
Karena tombol Edit Data tersebut belum berfungsi untuk update data, kini kita buat kodenya supaya tombol tersebut berfungsi. Pada baris nomor 4 pada file edit.php kita sisipkan arahan menyerupai ini :
Sehingga file edit.php menjadi menyerupai ini :
Sekarang jalankan kembali file index.php kemudian klik edit pada salah satu data, maka akan muncul form edit menyerupai sebelumnya. Selanjutnya ganti data yang tampil pada form tersebut sesuai yang kau inginkan, dan klik Edit Data.
Maka apabila kau menulis arahan dengan benar sesudah klik Edit Data akan kembali ke halaman index.php. Dan data berhasil diedit sesuai yang kita ganti pada form.

Penjelasan Kode

Pada klarifikasi arahan ini yang akan kita jelaskan ialah arahan yang gres saja kita tambahkan kedalam fileedit.php, yaitu pada baris nomor 4 – 17. Pada baris nomor 4 terdapat kode if(isset($_POST[‘submit’])), yang maksudnya mengecek variabel $_POST sudah di set apa belum, dalam teladan ini tombol submit diklik apa belum. Apabila sudah diklik maka akan menjalankan arahan yang ada didalam blok kode if tersebut.
Kemudian pada baris nomor 5 – 8 terdapat arahan yang menyimpan data dari form kedalam masing-masing variabel. Pada baris nomor 11 terdapat kode $query = “UPDATE anggota SET nama = ‘$nama’, alamat = ‘$alamat’, jenis_kelamin = ‘$jenis_kelamin’ WHERE id = $id”;, yang maksudnya menyimpan query database ke variabel $query. Query database tersebut maksudnya update tabel anggota dengan nama, alamat, jenis kelamin dari masing-masing data yang terdapat pada variabel tersebut, dan data yang diedit hanya data yang mempunyai id sama dengan nilai dari variabel $id.
Kemudian pada baris nomor 12 terdapat kode if(mysqli_query($konek, $query)) yang maksudnya menjalankan function mysqli_query(). Argumen dari function tersebut sudah sering kali kita jelaskan, mungkin kau sudah paham. Dan apablia function mysqli_query() berhasil menjalankan query tanpa ada kesalahan maka akan menghasilkan nilai true, lalu menjalankan arahan yang terdapat pada barisnomor 13 yaitu header(“Location: index.php”);. Yang maksudnya untuk redirect ke halaman index.php. Namun apabila function mysqli_query() saat menjalankan query terdapat kesalahan akan menghasilkan nilai false, sehingga akan menjalankan arahan yang ada dibaris nomor 15, yang menampilkan “Edit Data Gagal”.

Part Berikutnya :

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 3 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (5) Edit Data Database Mysqli (Update) | admin | 4.5


error: Content is protected !!