Download Source Code Aplikasi

Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (6) Hapus Data Pada Database Mysqli (Delete)

Tuesday, May 1st, 2018 - MySQL

Pada seri berguru hapus data pada database MySQLi ini merupakan seri terakhir. Maksud dari seri ini ialah menghapus data yang ada didalam database MySQL memakai PHP. Dalam CRUD hapus data menyerupai ini disebut disebut juga dengan delete. Untuk arahan menghapus data database, kodenya cukup gampang apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya.
Untuk memulai hapus data pada database kita mulai dari menciptakan link hapus data yang ada didalam fileindex.php. Sudah kita ketahui bersama pada seri sebelumnya pada tag link hapus tersebut atribut hrefhanya berisi tanda pagar saja (#), sehingga apabila link tersebut diklik maka tidak terjadi apa-apa. Untuk menciptakan link delete tersebut berfungsi, sebagai langkah awal kita tambahkan atribut menyerupai yang terdapat pada atribut edit yang sudah kita pelajari sebelumnya. Namun file yang dituju ialah file hapus.php, jadi atributnya menjadi menyerupai ini href=”hapus.php?id=<?php echo $row[‘id’]; ?>”. Silakan tambahkan atribut tersebut pada file index.php, sehingga file index.php menjadi menyerupai ini (lihat baris nomor 33).
Sekarang kita buat file edit.php, lalu tulis arahan dibawah ini pada file edit.php tersebut.
Selanjutnya jalankan file index.php kemudian klik link Hapus pada data yang ingin kau hapus, pada rujukan ini aku menghapus data ketiga.
Setelah klik Hapus, maka sekilas menuju halaman delete.php. Setelah berhasil menghapus data kembali keindex.php, dan data yang diklik hapus tadi sudah tidak ada lagi (terhapus).
Penjelasan Kode
Bagi kau yang sudah paham dengan arahan pada seri sebelumnya, niscaya kau akan sangat gampang memahami arahan yang terdapat pada file hapus.php. Namun apabila kau belum paham dengan arahan tersebut silakan baca klarifikasi arahan dibawah.
Pada baris nomor 4 terdapat kode $id = $_GET[‘id’]; yang fungsinya untuk mendapatkan data variabel id yang dikirim dari file index.php dengan metode get, selanjutnya data tersebut disimpan pada variabel $id (pada file hapus.php).
Pada baris nomor 5 terdapat kode $query = “DELETE FROM anggota WHERE id = $id”;. Maksud dari arahan tersebut menyimpan arahan query database MySQL ke dalam variabel $query. Maksud dari arahan query tersebut ialah untuk menghapus data yang ada didalam tabel anggota yang memiliki id dengan nilai dari variabel $id. Dan variabel $id sudah dijelaskan diatas.
Selanjutnya pada baris nomor 7 terdapat kode if(mysqli_query($konek, $query)), maksudnya menjalankan function mysqli_query(). Funtion tersebut berfungsi untuk menjalankan query database. Pada rujukan arahan tersebut function mysqli_query() terdapat 2 buat argumen ialah variabel $konek dan $query. Variabel$konek berasal dari file koneksi.php, yang merupakan variabel yang menyimpan data koneksi database. Sedangkan variabel $query sudah kita jelaskan diatas. Ketika function mysqli_query() berhasil menjalankan query tanpa ada masalah, dalam rujukan ini menghapus data maka akan menjalankan arahan yang terdapat pada baris nomor 8 yaitu header(“Location: index.php”);. Namun ketika function mysqli_query() saat dijalankan ada duduk kasus maka akan menghasilkan nilai false. Sehingga menjalankan arahan yang ada didalam baris kode nomor 10, ialah menampilkan tulisan “Hapus data gagal”. Dan maksud dari arahan baris nomor 8(header(“Location: index.php”);) ialah untuk redirect ke halaman (file) index.php.

Part Berikutnya :

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 6 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Lengkap Crud Php Mysqli Part (6) Hapus Data Pada Database Mysqli (Delete) | admin | 4.5


error: Content is protected !!