Download Source Code Aplikasi

Tutorial Membuat Laporan PDF Dengan Menggunakan FPDF Pada PHP

Thursday, November 14th, 2019 - Tutorial Php

Pernahkah kalian merasa kesulitan membuat laporan pada aplikasi yang berbasis web? Karena biasanya, laporan yang ditunjukkan hanyalah halaman html yang otomatis di print. Tentu saja, ada banyak kelemahan membuat laporan dengan cara itu. Salah satunya adalah penomoran halaman. Di html kita tidak bisa memecah halaman dan memberi nomor halaman. Selain itu, tidak semua browser memberikan fitur print preview sehingga kita tidak bisa melihat apakah hasil yang akan dicetak sesuai atau tidak. Berbeda dengan Visual Basic atau Delphi yang memiliki Cristal Report.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa membuat laporan dalam bentuk pdf menggunakan library php. Tentunya ini cukup memudahkan bagi para programmer web untuk membuat laporan yang lebih rapi, dan sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi web yang sedang dibuat.

Ada banyak sekali library php yang bisa digunakan untuk membuat laporan dalam bentuk pdf. Tapi di sini kita akan sama-sama belajar membuat laporan menggunakan library FPDF.


Untuk mengawalinya, mari kita berkenalan dengan FPDF terlebih dahulu.

FPDF adalah PHP class yang memungkinkan untuk menghasilkan file PDF dengan PHP murni, artinya tanpa menggunakan library PDFLib. F dari FPDF singkatan Free. Anda dapat menggunakannya untuk setiap jenis penggunaan dan memodifikasi sesuai kebutuhan Anda.

FPDF memiliki keuntungan lain: fungsi tingkat tinggi. Berikut adalah daftar fitur utama:

  • Pilihan ukuran Unit, format halaman dan margin
  • Halaman header dan footer manajemen
  • Halaman otomatis istirahat
  • Otomatis istirahat garis dan teks pembenaran
  • Dukungan gambar (JPEG, PNG dan GIF)
  • Warna
  • Link
  • TrueType, Type1 dan dukungan encoding
  • Kompresi halaman

FPDF tidak memerlukan ekstensi (kecuali zlib untuk mengaktifkan kompresi dan GD untuk dukungan GIF). Ia bekerja dengan PHP 4 dan PHP 5 (versi terbaru membutuhkan setidaknya PHP 4.3.10).

Baiklah. Setelah kita kenalan dengan FPDF sekarang kita akan memasang FPDF itu pada projek aplikasi web kita. Tapi, sebelum itu unduh dulu FPDF di http://fpdf.org/en/download.php. Pilih versi yang ingin kalian unduh, kemudian tekan link ZIP yang ada di bawahnya. Versi terbaru dari FPDF ketika saya menulis ini adalah v1.7.

Sebenarnya, di dalam file yang kita unduh tadi sudah ada referensi perintah-perintah yang digunakan dalam FPDF dan juga tutorialnya. Tentu saja berbahasa inggris. Kalau mau referensi yang berbahasa indonesia, ada juga kok. Tinggal tekan link seperti dalam gambar.

 

Memasang FPDF

Setelah kita mengunduh FPDF, ektrak file zip itu dan salin hasil ekstak itu ke dalam folder projek kita. Oh, iya. Pastikan komputer atau laptop yang kita gunakan sudah terinstall aplikasi untuk membaca file PDF seperti Foxit Reader atau Adobe Acrobat agar browser bisa menampilkan dokumen PDF dengan baik.

Menggunakan FPDF 

Untuk sampel pertama, kita akan membuat sebuah kalimat sederhana menggunakan FPDF.

 

Dan hasilnya sebagai berikut.

 

Membuat Header, Footer, Penomoran Halaman dan Gambar

Perhatikan script berikut :

Silahkan perhatikan kode di atas. Sudah ada komentar yang saya sisipkan pada kode.

Hasilnya adalah:

 

 

FPDF Dengan MySQL

Saya memiliki tabel yang bernama tbl dalam database data, dan saya akan menampilkan seluruh data yang ada dalam tabel tbl. Perhatikan script berikut:

Dan hasilnya…

 

Saya rasa sudah cukup yang saya sampaikan. Tutorial lengkap silahkan kunjungi http://fpdf.org/en/tutorial/index.php, walaupun bahasa inggris ya. Tapi, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya atau komen.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 25 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Membuat Laporan PDF Dengan Menggunakan FPDF Pada PHP | admin | 4.5


Leave a Reply