Download Source Code Aplikasi

Tutorial Php : Mencetak Laporan ke MS Excel

Sunday, November 24th, 2019 - Tutorial Php

Membuat sebuah aplikasi, tentu tidak lepas dari membuat sebuah laporan. Kalau ada Input/ Masukkan, tentu ada Output/ Keluarankan? Kasusnya berbeda lagi apabila output itu hanya sebuah tampilan dialog informasi tanpa harus ada interaksi dengan printer dan lain-lain. Contoh: Website Personal/ Web Pribadi.


Tetapi, untuk sebuah aplikasi katakanlah minimart, inventori, dan lain-lain, mencetak laporan dalam bentuk soft haruslah ada. Cetak laporan dari PHP/HTML secara umum dibuat ke Microsoft Excel atau ke PDF (Portable Document File). Untuk trik kali ini, saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang bagaimana cara membuat atau mencetak laporan Microsoft Excel dari PHP?

Berikut langkah-langkahnya. ­čśÇ

Langkah 1:
Jalankan XAMPP dan buat database (sebagai contoh saya buat nama database Raport). Untuk lebih mudahnya silahkan copy dan paste script SQL ini ke dalam SQL Editor favorit Anda :D.

Langkah 2:
Buka PHP Editor kesukaan Anda, kalau PHPBEJO menggunakan Netbeans dan juga Notepad++, dan lain sebagainya, untuk lebih lengkap bisa dilihat di 7 PHP Programming Tools Terbaik.
Buat koneksi ke database dan menampilkan data tabel tb_login di database raport. Untuk lebih lengkap singkat padat dan jelas, silahkan menuliskan kode berikut ini.
Nama File: laporan.php

Langkah 3: Copy dan paste di text editor kesukaan Anda :D.
Nama File: cetak-laporan.php

Pada langkah 3 ini, poin terpenting adalah potongan kode berikut ini:

Kode ini adalah kode yang harus ada jika kita ingin mencetak data di php ke ms excel. Tanpa kode tersebut sama incisi├│n kita tidak membuat laporan berupa download file excel.
Kita juga bisa mengganti filename/ Nama Berkas Excel sesuai kebutuhan kita. Dalam contoh diatas saya menggunakan nama

Jika ingin mengganti nama filenya, silahkan ganti pada baris berikut:

PENTING: JANGAN sampai lupa untuk menambahkan tipe file/ ekstensi ( .XLS ) pada akhir kode, apa bila tidak ada, maka file/ berkas tidak dapat dibuka dengan cara seperti biasa (double click).
Jadi, ketika kita membuat export laporan ke Microsoft Excel, tinggal copy dan paste di bagian atas atau di bawah dokumen PHP rekan-rekan. Kenapa saya menyarankan untuk ditulis di atas/bawah ? Agar mudah dicari dan diedit incisi├│n. :D.
Sekian tulisan dari saya, ada kurang dan lebihnya mohon maaf, jika ada kritik saran atau pertanyaan silahkan kontak email/ isi komentar.

 

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 15 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Php : Mencetak Laporan ke MS Excel | admin | 4.5


Leave a Reply