Download Source Code Aplikasi

Aturan Penulisan Isyarat Php

Sunday, December 15th, 2019 - PHP, Tutorial

Pengenalan PHP, kini waktunya untuk melanjutkan dengan membahas hukum penulisan kode PHP.

PHP dan HTML akan kita tulis dalam file bersamaan dalam kata lain dalam satu file saja yang akan berada pada sela-sela kode dalam file HTML yang berekstensi .php, ingat bukan .html atau .htm

Contoh halaman dari klarifikasi tersebut yaitu sebagai berikut. Perhatikan teladan aturannya:

Nah, perhatikan teladan diatas. Mungkin kau sudah memahami cara kerja PHP dan HTML. Kode HTML diperlakukan layaknya file HTML secara umum menyerupai tanpa kode PHP, tetapi semua kode yang berada di antara tag akan dianggap kode PHP dan diproses oleh server PHP. Pengenalan Apache[…]

Perhatikan bahwa jikalau kau menyimpan dengan ekstensi .html/html, maka browser juga akan muncul dan menampilkan tag php namun tidak memprosesnya alasannya yaitu harus membutuhkan web server, sehingga akan muncul menyerupai ini:

Sedangkan jikalau kau menyimpan pada ekstensi .php maka akan muncul hanya:

Anda berada pada blog

Gituu… dehhh

Cara Penulisan Kode PHP
Setelah kau memahami bagaimana sebuah kode PHP dan HTML digabungkan dan diproses dengan Web Server, kini saatnya bagi kau untuk mempelajari aturan-aturan dasar penulisan sintaks PHP. Aturan-aturan dasarnya secara singkat sebagai berikut: 

1. Penamaan File PHP
    File PHP kau harus/ wajib disimpan dalam ekstensi .php (jika kau menemui file dengan ekstensi .php3 atau phtml maka kemungkinan file tersebut memakai PHP versi 3 kebawah). File PHP akan disimpan sebagai file text biasa (artinya tidak butuh text editor khusu kecuali lagi tersedak) cukup NotePad yang niscaya sudah ada. Namun NotePad tidak memunculkan banyaknya baris yang artinya jikalau kita sedang membuat file denga kode banyak dan terjadi kesalahan kita sulit mengidentifikasinya, saya sarankan memakai NotePad++.

2. Komentar pada PHP
    Komentar yaitu bab terpenting juga, dikarenakan komentar akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi dalam kode apa kita sekarang. Sebaiknya kau membiasakan diri untuk menuliskan catatan-catatan dengan tag komentar. Ingat!! Tag komentar tidak akan ditampilak/ diproses jikalau kita mengeksekusi file .php di web browser. Untuk membuat tag komntar PHP yaitu menambahkan “//” diawal baris atau mengapit komentar denga tag “/*” dan “*/” jikalau akan membuat komentar panjang:

3. Permulaan dan Akhiran Kode PHP
    Blok Kode PHP diawali dengan <?php dan diakhiri ?>

4. Akhir Baris Program PHP
    Setiap baris arahan aktivitas diakhiri dengan tanda titik koma “;” . Artinya walaupun kau menuliskan lebih dari satu baris tetap akan dianggap satu baris arahan aktivitas jikalau belum ada tanda titik koma.

5. Tanda Kurung
    Tanda kurung akan banyak kau gunakan dalam penulisan kode PHP. Salah satu penggunaan yang sering dilakukan yaitu dalam memanggil fungsi. Secara sederhana, setiap fungsi PHP akan berbentuk menyerupai ini..

“print” yaitu nama fungsi dan informasi lain yang diperlu ditambahkan pada fungsi tersebut . Ingat, jangan lupa untuk mengakhiri dengan tanda titik koma. Tambahan fungsi echo() juga berguna yang sama dengan print()

Saran dari admin, gunakan spasi, kurung dan juga tab untuk mempermudah kita membaca dan menuliskan aktivitas yang panjang.

Sekian biar bermanfaat..

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 2 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Aturan Penulisan Isyarat Php | Ahmad Code | 4.5