Download Source Code Aplikasi

Cara Cek Kecepatan Website

Monday, January 11th, 2021 - Aneka Tips

Hai sobat Sourcecodeaplikasi! Di artikel kali ini, kami akan berbagi tips ke sobat cara cek kecepatan website menggunakan PageSpeed Insight! Apa sih PageSpeed Insight itu? Dan kenapa kecepatan penting banget untuk website? Dapetin jawabannya dengan baca sampai selesai postingan ini. Website itu harus, wajib, dan kudu cepat! Kenapa? Karena netizen itu pada dasarnya nggak sabaran. Kecepatan website atau blog akan memberikan kesan pertama dan seterusnya. Sekali terasa lambat, orang pasti malas untuk datang atau mengunjungi blog atau web kita kembali.

Lebih dari separuh pengguna internet di Indonesia menutup halaman website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu juga, 79% orang mengaku kapok datang ke website yang loadingnya lama. Terus, kecepatan website ternyata juga berpengaruh kepada ranking Google. Kalau website kamu lama dibuka, jangan heran website kamu tidak muncul di halaman pertama Google. Makanya, kamu perlu bikin website kamu jadi lebih cepat. Langkah pertama adalah dengan mengecek kecepatan website kamu. Dari situ, kamu akan tahu apa yang menyebabkan website kamu lambat. Terus, tinggal dibenerin deh!

PageSpeed Insights cara cek kecepatan website - Cara Cek Kecepatan Website

Sebenernya ada banyak cara untuk cek kecepatan website. Tapi, di tutorial posting kali ini, aku mau kasih tahu kamu cara cek menggunakan PageSpeed Insight. Soalnya tool ini ngasih data yang lengkap dan akurat. Berikut ini ringkasan cara cek kecepatan website menggunakan PageSpeed Insight :

  • Akses web Google PageSpeed Insights
  • Input URL web/blog kalian pada kolom pengujian yang disediakan pada halaman tersebut.
  • Klik Analyze.
  • Tunggu sampai proses analisa selesai.
  • Jika sudah selesai, Sobat akan dapat melihat report pengujian kecepatan web/blog nya.

Jadi begini caranya pakai PageSpeed Insight, Pertama, buka halaman PageSpeed Insight melalui link di atas, atau biar gampang ketik aja di Google, terus klik hasil pencarian pertama. Kedua, masukin alamat website kamu. Dan ketiga, tunggu sampai analisis website kamu muncul. Gampang, kan? Sekarang saatnya baca hasil analisis PageSpeed Insight. Ada enam analisis yang akan muncul di halaman. Yang pertama, Field Data. Yang kedua, Origin Summary. Yang ketiga, Lab Data. Yang keempat, Opportunities. Kelima, Diagnostics. Dan yang terakhir, Passed Audits Untuk penjelasan masing-masing analisis, kamu bisa baca artikelnya di blog.

Setelah cek kecepatan website dan tahu hasilnya, selanjutnya kamu perlu mengoptimasi website. Begini caranya :

Yang pertama, optimasi gambar. Pilih format gambar yang tepat dan resolusi yang sesuai.

Yang kedua, gunakan plugin browser caching seperti LiteSpeed.

Yang ketiga, kompres HTML, CSS, dan Javascript

Dan yang keempat, optimasi website versi mobile.

Ada banyak cara lain untuk mempercepat loading website. Dan, pada kesempatan ini kami share sebuah Ebook dari Niagahoster, yaitu 20 Tips Membuat WordPress Super Cepat. Ebooknya bisa langsung kamu download lewat link di bawah. Jadi, begitu cara cek kecepatan website menggunakan PageSpeed Insight. Download Ebook

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 53 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Cek Kecepatan Website | Ahmad Code | 4.5
Leave a Reply

Hosting Unlimited Indonesia