Download Source Code Aplikasi

Cara Mengatasi Error Php Undefined Index dan Undefined Variable

Tuesday, October 20th, 2020 - Tutorial Php

Ketika sobat sourcecodeaplikasi mencoba menjalankan program yang telah didownload, mungkin sobat pernah memperoleh pesan error atau mengalami error Undefined Index dan Undefined Variable di PHP. Error tersebut biasanya terjadi disebabkan variabel dan array yang tak didefinisikan ke pada script program.

Namun, sobat tak perlu khawatir karena di panduan php kali ini admin akan share cara bagi mengatasi error Undefined Index dan Undefined Variable di PHP dilengkapi dengan penjelasan mengenai kedua error tersebut.

Apa itu Undefined Index dan Penyebabnya

Undefined Index yaitu pesan atau notice error yang  muncul kalau Kamu mencoba mengakses variabel array yang belum diberi index. Atau dengan kata lain Kamu mengakses index di array yang belum dibangun atau masih kosong.

kWSFcMu8wUcAapnJ4b8wEv C rPWJW9H9FSw8ReWAXYMHroslp1ZazqShYnHy2fAA6xW5ZXSeWTNCOIZ7mPL o3nN6hfIpYp 0rvi5pFSHFTCZmnx9X0eQTOhHdlfd6hCnZkzutr - Cara Mengatasi Error Php Undefined Index dan Undefined Variable

Kondisi error ini terjadi biasanya ketika Kamu mendefinisikan variabel bagi menampung sebuah data dengan menggunakan petunjuk di PHP versi terbaru (Versi 5.3 ke atas). Error bukan di versi PHPnya, akan tetapi di syntax program yang Kamu bikin telah tak sesuai atau tak dapat berjalan dengan PHP versi terbaru.

Cara Mengatasi Undefined Index

Error di atas berarti bahwa PHP tak dapat mendefinisikan sebuah index yang bernama page di pada file index.php di baris 31. Nomor 31 yaitu penunjuk di baris syntax error. Jadi Kamu dapat menemukan pesan error yang berbeda.

Bagi mengatasi error di undefined Index Kamu dapat mengerjakan pemeriksaan array sebelum array digunakan. Berikut ini contohnya:

Pastikan Index telah ada sebelum Kamu menggunakan array. Kamu dapat melakukannya dengan dua cara silahkan menggunakan diantara manfaat isset() atau array_key_exists();

Apa itu Undefined Variable dan Penyebabnya

Undefined Variable yaitu variabel yang belum didefinisikan. Artinya variabel tersebut belum memperoleh nilai awal tetapi telah seketika digunakan bagi proses perhitungan dan ditampilkan di output.

E10SeWYtx4fmjVMJzq vbsMm7M3nTpbLUWBFeG2B5PcTyzyw7iwjGDqlScmPNfr4 DvCg2qAwdisdECU7esG5rL7AMBGxg LYxoGb jzWvgoVEO27IKyMVNLG IRBuj29UiAmbHp - Cara Mengatasi Error Php Undefined Index dan Undefined Variable

Notice error akan bekerja memberikan sebuah peringatan apabila ada variabel yang belum didefinisikan nilainya. Bagi melihat apakah sebuah variabel atau array telah didefinisikan atau belum, sobat dapat menggunakan manfaat isset().

Di prinsipnya PHP tak mengharuskan penginputan variabel. akan tetapi, Kamu tetap disarankan bagi memberikan variabel awal sekalipun hanya berupa nilai nol (0) atau string kosong. Hal ini perlu dilakukan bagi menghindari resiko celah keamanan atau bug di program yang dibangun dengan banyaknya logika di file saling berhubungan.

Cara Mengatasi Undefined Variable

Bagi mengatasi Undefined Variable terdapat beberapa cara, di postingan ini kami share lima cara yaitu:

1. Mendeklarasikan variabel

Ketika kita mau mengirim string dari sebuah form, kita dapat dengan gampang memeriksa isian yang masih kosong menggunakan cara berikut:

2. Menjalankan pengaturan modifikasi error

Kegunaan dari pengaturan modifikasi error ialaf, ketika ada error di halaman karenanya secara otomatis akan mengerjakan redirect ke halaman error 404. Bagi pengaturan modifikasi error handler di E_NOTICE dan meredirect pesan dari pesan default.

3. Menonaktifkan E_NOTICE

Menonaktifkan error notice bermanfaat bagi meminimalisir notifikasi error di halaman yang dibangun. Bagi menonaktifkan error notice di variabel error PHP kita dapat mengerjakan pengaturan di file php.ini dengan mengubah bagian display_error : off dapat pun menggunakan function error_reporting(error_reporting() & ~E_NOTICE)

4. Melewatkan Error dengan @operator

Sobat pun dapat melewatkan beberapa error di PHP dengan menggunakan syntaks @operator. Bagi melewatkan error di variabel PHP Kamu dapat menambahkan kode berikut:

Demikian postingan mengenai cara mengatasi Undefined Index dan Undefined Variable di PHP. Kalau sobat ingin belajar mengenai php lebih banyak, kamu dapat mengunduh koleksi sourcecode program yang telah kami share di blog ini, salah satunya yang telah kami posting sebelumnya yaitu Source code aplikasi kasir toko berbasis android.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 57 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Mengatasi Error Php Undefined Index dan Undefined Variable | Ahmad Code | 4.5
Leave a Reply

Hosting Unlimited Indonesia