Download Source Code Aplikasi

Cara Mengatasi Error Url Not Found Pada Codeigniter

Monday, February 15th, 2021 - Tutorial Php

Halo sobat source code aplikasi, pada kesempatan ini admin akan berbagi tips atau tutorial menagatasi error yang sering dialami atau sering terjadi saat kita menjalankan project berbasis codeigniter. Ada banyak sekali kasus error yang sering muncul dan penyebabnya juga beragam, bisa pada kesalahan syntax, perbedaan versi php, pemanggilan class yang tidak tepat dan lainnya lagi. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah tentang mengatasi error 404 url not found di server codeigniter. Dan perlu digaris bawahi bahwa dalam kasus ini, error 404 url not found ini bisa terjadi saat project sudah diupload ke hosting, dan bisa juga saat masih running di localhost.

Berikut ulasannya, silahkan disimak.

Mengatasi 404 not found di codeigniter

1. Sesuaikan versi PHP di panel hosting dengan codeigniter

Kemungkinan penyebab pertama adalah versi codeigniter tidak support dengan php yang digunakan pada panel hosting. Sebelum kita melakukan setting di panel hosting, coba silahkan pastikan dulu versi codeigniter yang anda gunakan.

Pada Codeigniter 4 ( gunakan PHP versi 7.2 atau lebih tinggi), sedangkan pada Codeigniter 3 (menggunakan PHP versi 5.6). jika sobat sudah mengetahuinya silahkan lakukan penyesuain seperti ini:

Login cpanel > PHP Selector > pilih versi php dan klik set as current

Select PHP Version - Cara Mengatasi Error Url Not Found Pada Codeigniter

Jika kita masih menggunakan localhost, atau masih run di pc/laptop, maka mau tidak mau kita harus menggunakan local server yang cocok versi php nya, atau kami menyarankan menggunakan wampp server, karena wampp sudah support multi versi php, jadi kita tinggal ganti versi php berapa yang cocok untuk digunakan.

2. Periksa .htaccess di codeigniter

Pastikan sudah terdapat file .htaccess di codeigniter, cek melalui file manager pada panel hosting atau pada directory project nya jika masih pada localhost, tambahkan file .htaccess seperti di bawah ini:

1
2
3
4
RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Atau dapat menggunakan model file .htaccess yang lebih lengkap lagi.

Cukup mudah kan, semoga 2 solusi diatas, dapat membantu anda dalam  Mengatasi 404 not found pada codeigniter codeigniter dengan mudah.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 507 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Mengatasi Error Url Not Found Pada Codeigniter | Ahmad Code | 4.5
Leave a Reply

Hosting Unlimited Indonesia