Download Source Code Aplikasi

Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php

Sunday, April 9th, 2023 - Tutorial Php
Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php


Kamu sedang mencari cara untuk menghitung selisih jam dan menit di PHP? Artikel ini adalah jawaban yang tepat bagi kamu. Ini penting, karena menghitung selisih jam dan menit dalam bahasa pemrograman adalah suatu hal yang penting. Dengan cara yang tepat kamu bisa mengetahui berapa lama sebuah tugas yang dijalankan, berapa lama sebuah aktivitas berlangsung, dan sebagainya. Artikel ini akan membawa kamu melalui proses cara menghitung selisih jam dan menit di PHP sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jadi, mari kita mulai cara menghitung selisih jam dan menit di PHP sekarang. Jangan berhenti sampai selesai membaca artikel ini, karena kamu dapat memanfaatkan informasi yang akan kamu dapatkan disini sebagai solusi bagi kamu yang membutuhkan informasi tentang cara menghitung selisih jam dan menit di PHP.

Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php

Menghitung Selisih Jam Dengan DateTime

Kita dapat menghitung selisih jam dengan menggunakan fungsi DateTime yang tersedia di PHP. DateTime adalah sebuah objek yang menyimpan informasi tanggal dan waktu. Untuk cara menghitung selisih jam dengan DateTime kita dapat menggunakan kode berikut:

$date1 = new DateTime(2020-02-04 10:00:00);
$date2 = new DateTime(2020-02-04 16:00:00);
$diff = $date2->diff($date1);
$jam = $diff->h;
$menit = $diff->i;
echo Selisih waktu adalah $jam jam $menit menit;

Pada kode diatas kita membuat dua objek DateTime dengan menggunakan konstruktor DateTime yang telah disediakan di PHP. Konstruktor DateTime menerima sebuah string yang berisi informasi tanggal dan waktu. Kemudian kita menggunakan fungsi diff untuk menghitung selisih waktu antara kedua objek DateTime yang telah kita buat. Fungsi diff akan mengembalikan sebuah objek DateInterval yang berisi informasi tentang selisih waktu. Kita dapat mengambil informasi jam dan menit dari objek DateInterval tersebut dengan menggunakan property h dan i. Setelah kita mendapatkan informasi tentang selisih waktu, kita dapat menampilkan selisih waktu menggunakan echo.

Menghitung Selisih Menit Dengan DateTimeInterval

Kita juga dapat menghitung selisih menit dengan menggunakan fungsi DateTimeInterval. DateTimeInterval adalah sebuah objek yang menyimpan informasi tentang waktu interval. Untuk cara menghitung selisih menit dengan DateTimeInterval kita dapat menggunakan kode berikut:

$interval = new DateTimeInterval(PT10M);
$date1 = new DateTime(2020-02-04 10:00:00);
$date2 = new DateTime(2020-02-04 16:00:00);
$diff = $date2->diff($date1);
$menit = $interval->diff($diff);
echo Selisih waktu adalah $menit menit;

Pada kode diatas kita membuat sebuah objek DateTimeInterval menggunakan konstruktor DateTimeInterval. Konstruktor DateTimeInterval menerima sebuah string yang berisi informasi tentang waktu interval. Kemudian kita menggunakan fungsi diff untuk menghitung selisih waktu antara objek DateTimeInterval dan objek DateTime yang telah kita buat. Fungsi diff akan mengembalikan sebuah objek DateTimeInterval yang berisi informasi tentang selisih waktu. Kita dapat mengambil informasi menit dari objek DateTimeInterval tersebut dengan menggunakan property m. Setelah kita mendapatkan informasi tentang selisih waktu, kita dapat menampilkan selisih waktu menggunakan echo.

Link Download Plugin & Software yang Digunakan

Untuk mendownload plugin atau software yang digunakan, kamu dapat mengunjungi tautan berikut:

Video penjumlahan tanggal dan selisih waktu di php
Source: CHANNET YOUTUBE Maz Dopunk

Dengan menggunakan fungsi date_diff(), kita dapat melakukan penghitungan selisih jam dan menit dengan mudah. Dengan demikian, kita dapat menghitung selisih waktu antara dua waktu tanpa kesulitan. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php. Semoga Anda mendapatkan banyak manfaat dari tutorial ini.

Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php

Bagaimana cara menghitung selisih jam dan menit di Php?

Anda dapat menghitung selisih jam dan menit di Php dengan menggunakan fungsi DateTime::diff() dalam kelas DateTime.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
Download Source Code Aplikasi
Cara Menghitung Selisih Jam Dan Menit Di Php | Ahmad Code | 4.5
Leave a Reply