Download Source Code Aplikasi

Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

Saturday, August 17th, 2019 - MySQL, PHP

Setelah memahami perihal pengertian PHP dan sejarah perkembangan versi PHP, kali ini kita eksklusif menuju ke cara menginstall XAMPP di windows. Karena nanti kita akan memakai XAMPP untuk berguru PHP. Versi XAMPP yang dipakai sanggup saja berbeda, untuk ketika ini aku memakai XAMPP versi 1.7.7. Jika anda ingin memakai XAMPP versi terbaru, anda sanggup mendownloadnya secara gratis di situs resminya : https://www.apachefriends.org/download.html

Jika arahan HTML sanggup dijalankan dan diproses secara eksklusif oleh web browser, lain halnya dengan PHP sebab arahan PHP tidak sanggup diproses eksklusif oleh web browser. Halaman web yang dibentuk dengan PHP harus diproses oleh sebuah aplikasi yang disebut Web Server. Web Server berfungsi untuk menerjemahkan arahan PHP menjadi HTML kemudian mengirimnya ke web browser untuk ditampilkan.

cara install xampp - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

Untuk membuat sebuah website memakai PHP, kita harus menyewa web server semoga arahan PHP sanggup diproses dan diakses di internet. Akan tetapi, bagi yang gres berguru PHP kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa Web Server. Kita cukup menginstall aplikasi Web Server di komputer lokal, sehingga kita sanggup lebih gampang untuk berguru PHP tanpa harus menyewa Web Server.

Apa saja aktivitas yang diperlukan untuk menjalankan arahan PHP?

Untuk menjalankan arahan PHP, setidaknya kita membutuhkan 3 jenis program, yaitu :

  • Aplikasi Web Server
  • Aplikasi PHP
  • Aplikasi Web Browser

Web Server
Pada ketika ini banyak aplikasi Web Server yang sanggup dipakai untuk memproses arahan PHP, mulai dari yang gratis maupun yang berbayar. Web Server yang sering dipakai untuk ketika ini ialah Apache, Nginx, dan Microsoft IIS. Untuk berguru PHP kali ini kita cukup memakai Apache, alasannya selain gratis, Apache juga aplikasi Web Server yang paling banyak dipakai pada ketika ini. Web Sever Apache sanggup didownload secara gratis di alamat : http://mirror.reverse.net/pub/apache/httpd/binaries/win32/

Web Browser
Aplikasi web browser dipakai untuk menjalankan arahan PHP yang kita buat. Untuk kali ini aku memakai Mozilla Firefox versi terbaru. Jika anda memakai web browser lainnya menyerupai Chrome atau IE, itu tidak masalah.

PHP
Aplikasi terakhir yang kita butuhkan ialah PHP itu sendiri yang berfungsi sebagai penerjemah di dalam web server. PHP sanggup didownload di situs resminya : http://windows.php.net/download/

Untuk sanggup berfungsi dengan sepenuhnya, aplikasi Web Server dan PHP harus diinstall terlebih dahulu. Sayangnya, untuk menginstal kedua aplikasi tersebut diperlukan waktu yang cukup usang untuk pemahaman dan melaksanakan konfigurasi secara manual untuk kedua aplikasi tersebut.

Kabar baiknya, ada beberapa aplikasi yang mem-bundel Apache+PHP, salah satunya yaitu XAMPP. Pada tutorial kali ini kita akan membahas perihal cara menginstall XAMPP di Windows, sebab kita akan memakai XAMPP untuk berguru PHP nantinya.

Sekilas Tentang Apa Itu XAMPP

XAMPP ialah perangkat lunak bebas yang merupakan kompilasi dari beberapa program, fungsinya ialah sebagai server yang bangun sendiri (localhost) yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl (Wikipedia). Nama XAMPP merupakan akronim dari X (empat sistem operasi apapun), A (Apache), M (MySQL), P (PHP) dan P (Perl).

Pada tutorial cara menginstal XAMPP kali ini aku memakai versi 1.7.7 yang biasa aku gunakan untuk berguru PHP kini ini. Karena aku memakai komputer dengan sistem operasi Windows 7 32 bit, untuk pengguna Windows XP, Vista, 8, atau seterusnya caranya hampir sama.  Jika anda sudah mendownload aplikasinya, silakan kita masuk ke langkah selanjutnya, yaitu cara menginstall XAMPP di Windows 32 bit.

Cara Menginstall XAMPP di Windows Untuk PHP dan MySQL

Untuk menginstall aplikasi XAMPP dengan baik dan benar, silakan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini. Selain itu, jikalau di komputer anda terdapat antivirus, silakan dimatikan dulu antivirusnya semoga proses instalasi berjalan lancar.

1. Double klik pada file instalan xampp-win32-1.7.7-VC9-installer.exe, kemudian muncul jendela instalasi XAMPP yang berupa pilihan bahasa. Pada langkah ini kita pilih bahasa inggris kemudian klik Ok.

cara menginstall xampp di windows a - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

2. Jika muncul jendela peringatan menyerupai di bawah ini, klik Ok.

cara menginstall xampp di windows b - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

3. Selanjutnya akan muncul jendela awal instalasi XAMPP, klik Next untuk melanjutkan.

cara menginstall xampp di windows c - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

4. Pada langkah ini kita disuruh untuk menentukan lokasi instalan XAMPP. Secara default, XAMPP akan diinstal di c:\xampp. Jika ruang hardisk anda tidak mencukupi, silakan pilih lokasi yang anda inginkan, contohnya di d:\xampp. Kemudian klik Next.

cara menginstall xampp di windows d - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

5. Setelah itu akan tampil beberapa checkbox yang berupa pilihan untuk membuat shortcut di desktop dan beberapa pilihan lainnya. Untuk ketika ini biarkan saja, eksklusif saja menekan tombol Install.

cara menginstall xampp di windows e - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

6. Pada langkah ini aplikasi XAMPP sudah mulai diinstall, kita hanya menunggu beberapa menit untuk menuntaskan proses intalasi

cara menginstall xampp di windows f - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

7. Setelah proses install selesai, akan keluar jendela menyerupai di bawah ini. Klik Finish untuk menyelesaikan.

cara menginstall xampp di windows g - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

8. Setelah itu akan keluar jendela pemberitahuan bahwa XAMPP sudah terinstall di komputer. Langsung saja klik tombol Yes untuk eksklusif membuka XAMPP Control Panel sebab kita akan eksklusif mencoba XAMPP sesudah ini.

cara menginstall xampp di windows h - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

9. Setelah semua proses instalan selesai, akan muncul jendela XAMPP Control Panel. Pada jendela inilah nantinya kita menjalankan seluruh aplikasi yang ada di XAMPP, di antaranya ialah Apache Web Server dan database MySQL.

cara menginstall xampp di windows m - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

10. Untuk mengujinya, eksklusif saja klik tombol Start pada kepingan kanan Apache. Setelah itu akan muncul goresan pena Running berwarna hijau, hal ini menunjukan bahwa aplikasi Web Server Apache sudah berjalan.

cara menginstall xampp di windows i - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

11. Jika firewall terpasang dalam komputer anda, akan muncul jendela peringatan untuk membolehkan web server Apache berjalan melewati firewall. Pastikan untuk melewatkan web server Apache tersebut dengan mencentang checklist yang tersedia, kemudian klik Allow access.

cara menginstall xampp di windows j - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

12. Selanjutnya untuk menguji bahwa XAMPP sudah benar-benar terinstall di komputer anda, silakan buka web browser yang anda gunakan, contohnya Mozilla Firefox. Kemudian ketikkan localhost pada kolom address, kemudian tekan Enter.

cara menginstall xampp di windows k - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

13. Jika anda melihat halaman XAMPP, berarti instalasi XAMPP telah berhasil dan Web Server Apache telah berjalan.

cara menginstall xampp di windows l - Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql

Sampai di sini kita sudah berhasil menginstall aplikasi XAMPP dan sudah siap untuk memulai berguru PHP dasar. Untuk tutorial berguru PHP dasar akan aku lanjutkan pada artikel berikutnya.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 24 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Cara Menginstall Xampp Di Windows Untuk Php Dan Mysql | Ahmad Code | 4.5

Hosting Unlimited Indonesia