Download Source Code Aplikasi

Indexof()

Saturday, February 8th, 2020 - JavaScript » Array

Metode Array.indexOf() melaksanakan pencarian dari kiri ke kanan terhadap elemen tertentu yang pertama kali di temui di dalam array.

Sintaks:

arrayObj.indexOf(searchElement, fromIndex)
  • searchElement menetapkan elemen array yang akan di cari.
  • fromIndex (opsional) menetapkan indeks awal pencarian di mulai, kalau fromIndex dihilangkan, maka awal pencarian di mulai pada indeks ke 0.

Metode Array.indexOf() mengembalikan bilangan lingkaran yang mengatakan indeks elemen yang di cari dan ditemukan, kalau elemen yang di cari tidak ditemukan, -1 dikembalikan.

Metode Array.indexOf() ialah metode standard JavaScript 1.6+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.5 (Gecko 1.8)+, Safari 3.0+.

Contoh di bawah ini mencoba mencari elemen “Budi” dan elemen “Tini” di dalam array namesArr, sehabis dijalankan masing-masing mengembalikan 3 dan -1:

var namesArr = new Array("Tono", "Tini", "Titin", "Budi", "Wati"); alert(namesArr.indexOf("Budi")); // 3 alert(namesArr.indexOf("Tini", 2)); // -1
  • Untuk pencarian “Budi” ditemukan dan berada pada indeks ke 3.
  • Untuk pencarian “Tini” tidak ditemukan, alasannya terhitung dari indeks ke 2 dan setelahnya tidak ada “Tini” (“Tini” berada pada indeks ke 1):

Ilustrasi untuk ["Tono", "Tini", "Titin", "Budi", "Wati"]:

Sebagai teladan kalau mencari “Budi” memakai Array.indexOf() dan menetapkan indeks awal pencarian pada indeks ke 1 (“Tini”), maka awal pencarian di mulai dari “Tini” ke kanan. Coba lihat yang di beri warna merah, itu area pencariannya. Berdasarkan area pencarian, untuk “Budi” ditemukan dan berada di indeks ke 3, alasannya pencariannya di mulai dari “Tini” ke kanan.

["Tono","Tini", "Titin", "Budi", "Wati"]

Jika mencari “Budi” memakai Array.lastIndexOf() dan menetapkan indeks awal pencarian pada indeks ke 1 (“Tini”), maka awal pencarian di mulai dari “Tini” ke kiri. Coba lihat yang di beri warna merah, itu area pencariannya. Berdasarkan area pencarian, “Budi” tidak ditemukan, alasannya pencariannya di mulai dari “Tini” ke kiri.

["Tono", "Tini", "Titin", "Budi", "Wati"]

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 32 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Indexof() | Ahmad Code | 4.5

Hosting Unlimited Indonesia