Download Source Code Aplikasi

Javascript Dasar

Wednesday, March 4th, 2020 - JavaScript

Sebelum berguru JavaScript sebaiknya sudah pernah berguru HTML, alasannya yaitu JavaScript memang harus berhubungan dengan HTML. Bagi yang ingin mengetahui sejarah, perkembangan JavaScript, silahkan googling ke blog atau website sahabat-sahabat lainnya.

Aplikasi
Aplikasi untuk bekerja dengan JavaScript sama ibarat yang dipakai saat bekerja dengan HTML, yaitu editor teks dan browser.

Untuk editor teks dapat gunakan Notepad, bila sistem operasi komputer yaitu Windows, Notepad otomatis terinstall. Tetapi jikalau ingin lainnya, silahkan download Notepad++ di http://notepad-plus-plus.org/, gratis. Untuk browser dapat download di http://www.getfirefox.com, http://chrome.google.com, http://www.apple.com/safari/, atau di http://www.opera.com.

Internal dan External JavaScript
Gunakan cara Internal JavaScript dan External JavaScript untuk menyisipkan JavaScript, kedua cara tersebut via elemen SCRIPT. Atribut SCR mempunyai kegunaan untuk tetapkan URI dari file JavaScript yang tersimpan di luar dokumen HTML. Berikut pola External dan Internal JavaScript berturut-turut:

<SCRIPT SRC="JavaScriptFile.js" TYPE="text/javascript"></SCRIPT> <SCRIPT TYPE="text/javascript"> // kode-kode JavaScript di sini </SCRIPT>

NOSCRIPT
Pesan dapat diberikan melalui elemen NOSCRIPT kepada pengguna yang browsernya tidak mendukung JavaScript. Isi pesan dapat berupa ajuan biar JavaScript di-enable, versi browser perlu diperbaharui, dll. Sebagai contoh:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Halo!"); </SCRIPT> <NOSCRIPT>Browser tidak mendukung JavaScript!</NOSCRIPT>

Blok Kode
Urutan sanksi blok instruksi JavaScript di mulai dari blok paling atas menuju ke bawah, setiap blok instruksi JavaScript yaitu di antara <SCRIPT> dan </SCRIPT>. Berikut gambarannya:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Blok 1!"); </SCRIPT> <SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Blok 2!"); </SCRIPT>

Komentar
Sama ibarat lainnya, JavaScript memperbolehkan menunjukkan komentar di dalam instruksi JavaScript, ada dua cara yang dimungkinkan: pertama menuliskan komentar sesudah tanda //, dan cara kedua menuliskan komentar diantara tanda /* dan */, contoh:

document.write("Halo!"); // menuliskan string "Halo!" document.write("Halo!"); /* menuliskan string "Halo!" */

Variabel
Variabel dipakai untuk menyimpan data, pola di bawah ini JavaScript menganggap bahwa variabel myVar telah dideklarasikan:

myVar = 10;

Untuk lengkapnya mengenai aturan penulisan variabel, silahkan menuju ke halaman Aturan Penulisan Variabel di JavaScript.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 1 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Javascript Dasar | Ahmad Code | 4.5