Download Source Code Aplikasi

Operator

Monday, February 24th, 2020 - JavaScript

Operator ialah simbol atau simbol-simbol yang dipakai untuk menyusun suatu ekspresi, dan biasanya dengan melibatkan satu atau lebih operand, itu semua tergantung dari jenis operator yang digunakan.

10+3

Untuk verbal di atas ada dua operand yang dilibatkan, 10 dan 3. Adapaun 10+3 sendiri dinamakan ekspresi, dalam hal ini dipakai untuk melaksanakan operasi matematika, yaitu tambah-tambahan. Untuk operator yang dipakai di dalam verbal itu ialah operator +.

Untuk menjadi operand tidak harus berupa angka, dapat saja literal, atau variabel.

Derajat Operator
Setiap operator mempunyai prioritas pengerjaan yang berbeda-beda. Misalkan suatu verbal yang didalamnya melibatkan banyak operator, maka urutan pengerjaannya didasarkan oleh derajat operator-operator tersebut.

Sebagai contoh:

5+9*2

Ekspresi di atas akan dievaluasi sebagai berikut:

  1. 9*2 mempunyai prioritas pengerjaan yang utama, alasannya operator * mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator +. Kaprikornus 9*2 harus diketahui karenanya terlebih dahulu, barulah hasil dari 9*2 tersebut ditambah dengan 5.
  2. Terakhir hasil yang dikembalikan oleh verbal diatas itu ialah 23 dan bukan 28.

Tetapi bagaimana urutan pengerjaannya bila di dalam suatu verbal melibatkan lebih dari satu operator yang mempunyai derajat yang sama?

Umumnya urutan pengerjaannya dievaluasi dari kiri ke kanan (semisalnya operator + dan operator ), tetapi ada juga yang urutan pengerjaannya dievaluasi dari kanan ke kiri (semisal operator =, -=, dan +=).

Kadangkala ada juga urutan pengerjaannya dievaluasi tidak tergantung dari prioritas operator yang bersangkutan, tetapi dievaluasi menurut tanda kurung.

Sebagai contoh:

(5+9)*2

Ekspresi diatas akan dievaluasi sebagai berikut:

  1. (5+9) mempunyai prioritas pengerjaan yang utama, alasannya operator () mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator *. Kaprikornus verbal dari 5+9 harus diketahui karenanya terlebih dahulu, barulah hasil dari 5+9 tersebut dikalikan dengan nilai 2.
  2. Terakhir hasil yang dikembalikan oleh verbal diatas itu ialah 28 dan bukan 23.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 1 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Operator | Ahmad Code | 4.5