Download Source Code Aplikasi

Pengenalan Codeigniter Part 1

Saturday, November 30th, 2019 - Artikel, CodeIgniter

CodeIgniter ialah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan memakai PHP. CodeIgniter memudahkan para developer untuk menciptakan aplikasi web dengan cepat dan efisien serta gampang dibandingkan menciptakan dari awal. CodeIgniter dirilis pertama pada 28 Februari 2006, versi stabil terakhir ialah versi 2.1.3
Framework
Framework secara sederhana sanggup diartikan kumpulan dari fungsi-fungsi/ prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer, tanpa harus menciptakan class dan fungsi dari awal.
Ada beberapa alasan mengapa memakai framework
  • Mempercepat dan mempermudah pembangunan sebuah aplikasi web
  • Relatif memudahkan dalam proses maintenance sebab sudah ada contoh tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti contoh standar yang ada)
  • Umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum digunakan sehingga kita tidak perlu membangun dari awal (misalnya validasi, ORM, pagination, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, dll)
  • Lebih bebas dalam pengembangan dibandingkan CMS

Design Patern : MVC (Model, View, Controller) 
Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup terkenal dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC memisahkan pengembangan aplikasi menurut komponen utama yang membangun sebuah aplikasi manipulasi data, user interface, dan belahan yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu:

  1. Model, biasanya bekerjasama eksklusif dengan database untuk memanipulasi data (inster update, delete, search), menangani validasi dari controller, namun tidak sanggup bekerjasama eksklusif dengan belahan View
  2. View, merupakan belahan yang menanganani presentation logic. Pada aplikasi web belahan ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur controller. View berfungsi untuk mendapatkan dan mempresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak mempunyai kanal eksklusif terhadap belahan model
  3. Controller, merupakan belahan yang mengatur kekerabatan antara belahan model dan belahan view, controller berfungsi untuk mendapatkan request dan data dari user lalu memilih apa yang akan diproses oleh aplikasi. 

Dengan memakai prinsip MVC suatu aplikasi sanggup dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani belahan model dan controller, sedangkan designer yang menangani belahan view, sehingga penggunaan arsitektur MVC sanggup meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian diharapkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 17 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Pengenalan Codeigniter Part 1 | admin | 4.5