Download Source Code Aplikasi

Pengertian Tag, Elemen, Dan Atribut Pada Html Beserta Contohnya

Saturday, August 17th, 2019 - Html

Pada artikel sebelumnya kita telah mencoba membuat dan menjalankan file HTML di web browser untuk pertama kalinya walaupun kita belum mengetahui maksud dari kode-kode HTML tersebut. Nah, sebagai lanjutannya kita akan mempelajari aspek penting dari sebuah halaman website, yakni pengertian Tag, Elemen, dan Atribut pada HTML. Ketiganya merupakan dasar dari terbentuknya sebuah halaman web yang kita lihat di internet.

Tutorial sebelumnya: Cara membuat dan menjalankan file HTML untuk pertama kali

Pengertian Tag Pada HTML

pengertian tag elemen atribut html - Pengertian Tag, Elemen, Dan Atribut Pada Html Beserta Contohnya

Tag yakni sebuah tanda yang dipakai HTML untuk memberitahukan kepada web browser untuk apa fungsi dari sebuah teks. Apakah teks tersebut ditulis sebagai sebuah paragraf, list, atau sebagai link. Tanda ini lah yang dikenal dengan istilah Tag. Di dalam HTML hampir semua tag yang ada ditulis secara berpasangan, yakni tag pembuka dan tag penutup. Penulisan tag berada di antara dua buah kurung siku (< dan >).

Objek yang akan dikenai perintah tag harus berada di antara tag pembuka dan tag penutup. Objek yang dimaksud di sini sanggup berupa teks, gambar, maupun video. Untuk lebih jelasnya silakan dilihat format dasar penulisan tag pada HTML berikut:


Berikut yakni beberapa pola penulisan tag dalam HTML:

1. Contoh pertama


Keterangan:
Pada pola ini kita memakai tag p yang berfungsi untuk membuat paragraf. <p> adalah tag pembuka, sedangkan </p> yakni tag penutup. Perbedaan antara keduanya terletak pada tanda forward slash (/). Sedangkan teks “Ini yakni sebuah paragraf” merupakan objek yang dikenai perintah tag. Sehingga pada web browser kesannya akan terlihat menyerupai ini:

Ini yakni sebuah paragraf

2. Contoh ke-2


Keterangan:

  • Tag <i> berfungsi untuk menunjukkan perintah kepada web browser untuk menampilkan teks dengan bentuk garis miring (i kependekan dari italic).
  • Tag <b> berfungsi untuk menebalkan goresan pena (b kependekan dari bold)

Berikut kesannya di web browser:

Kalimat ini ditulis dengan teks biasa. Sedangkan yang ini ditulis dengan aksara miring. Dan yang ini memakai aksara tebal.

Catatan:
Penulisan HTML tidak case-sensitive (tidak membedakan antara aksara kecil dengan aksara besar), ini artinya penulisan <p> akan dianggap sama dengan <P>.

Ada beberapa tag yang tidak mempunyai pasangan (tag pembuka dan tag penutup), menyerupai <br> untuk break (pindah baris baru) atau <hr> untuk membuat horizontal line (garis horizontal). Tag ini dikenal dengan sebutan void tag atau self closing tag. Untuk penulisannya sanggup ditulis dengan <br> atau <br />.

Pengertian Elemen Pada HTML

Element merupakan isi dari tag yang berada di antara tag pembuka dan tag penutup, juga termasuk tag itu sendiri dan atribut yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan pola di bawah ini:


Keterangan:
Pada pola di atas sanggup kita lihat bahwa “<p> Ini yakni paragraf 1 </p>” merupakan element p. Element tidak hanya berisi teks, namun sanggup juga berisi tag lain menyerupai “<p> Ini yakni <b>paragraf 2 </b</p>”.

Hasilnya akan terlihat menyerupai ini:
Ini yakni paragraf 1
Ini yakni paragfraf 2

Pengertian Atribut Pada HTML

Atribut merupakan informasi komplemen yang diberikan kepada tag. Informasi yang dimaksud sanggup berupa perintah untuk warna dari teks, ukuran aksara teks, memilih posisi teks, dan masih banyak lagi. Setiap atribut mempunyai pasangan berupa nama dan nilai atau ditulis dengan name=”value”. Penulisan value harus diapit dengan tanda kutip, sanggup memakai tanda kutip satu (‘) atau tanda kutip dua (“). Untuk lebih jelasanya mari kita lihat pola penulisan kodenya di bawah ini:


Keterangan:
Pada pola di atas sanggup kita lihat bahwa align=”center” yakni atribut. Align merupakan nama dari atribut, sedangkan center yakni nilai atau value dari atribut tersebut. Ini berarti HTML memerintahkan kepada web browser bahwa paragraf tersebut diposisikan di tengah halaman atau rata tengah.

Di dalam HTML terdapat banyak atribut yang beberapa di antaranya hanya cocok untuk tag tertentu saja. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa tidak semua tag yang membutuhkan atribut, namun di dalam pemrograman web kita akan sering menjumpai sebuah tag yang memakai atribut untuk manipulasi halaman web memakai JavaScript maupun CSS.

Sampai di sini kita telah mempelajari salah satu bab terpenting dalam HTML, yaitu Pengertian Tag, Element, dan Atribut di dalam HTML. Untuk tutorial HTML dasar berikutnya kita akan mempelajari Struktur Dasar HTML.

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 61 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Pengertian Tag, Elemen, Dan Atribut Pada Html Beserta Contohnya | Ahmad Code | 4.5

Hosting Unlimited Indonesia