Categories: cplus

Sejarah Dan Pengertin Bahasa C++

sejarah dan pengertian c++ adalah C++ merupakan generasi dari C, sebagai bahasa pendahulunya. Pencipta C yaitu Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie pada sekitar tahun 1972, dan sekitar satu dekade setelahnya diciptakanlah C++, oleh Bjarne Stroustrup dari Laboratorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. C++ cukup kompatibel dengan bahasa pendahulunya C. Pada mulanya C++ disebut “ a better C “. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada tahun 1983, yang berasal dari operator increment pada bahasa C. Keistimewaan yang sangat berari dari C++ ini yaitu alasannya yaitu bahasa ini mendukung Pemrograman Berorientasi Objek ( OOP / Object Oriented Programming).

Setiap kompiler ini agak berbeda. Setiap kompiler akan sanggup menjalankan fungsi fungsi standar C++ ANSI/ISO, tetapi masing masing kompiler juga akan sanggup menjalankan fungsi fungsi nonstandard (fungsi fungsi ini, agak menyerupai dengan ucapan yang tidak standar yang diucapkan orang diberbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di New Orleans kata median disebut neutral ground). Kadang kadang pemakaian fungsi nonstandard akan menimbulkan dilema pada ketika anda hendak mengkompilasi arahan sumber data (source code) (yaitu aktivitas berbahasa C++ yang ditulis oleh seorang programer) mempergunakan kompiler yang berbeda. Tutorial ini tidak terlepas dari dilema menyerupai itu.

Bila anda belum mempunyai sebuah kompiler, disarankan supaya anda segera mempunyai sebuah kompiler. Sebuah kompiler sederhana sudah cukup untuk dipergunakan oleh anda dalam mengikuti tutorial ini.

Bahasa pemrograman C++ yaitu bahasa yang amat berbeda. Untuk kompiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords); keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library sepertinya bias diakses oleh header filenya.

Tahun 1978, Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories berbagi bahasa B menjadi bahasa C. Bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson bekerjsama merupakan pengembangan dari bahasa BCPL ( Basic Combined Programming Language ) yang diciptakan oleh Martin Richard.

Sejak tahun 1980, bahasa C banyak dipakai pemrogram di Eropa yang sebelumnya memakai bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling terkenal diantara bahasa lainnya, menyerupai PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami kejadian penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie lalu dikenal dengan nama ANSI C.

Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai berbagi bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa gres hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. berbagi kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang bisa mengubah C++ pribadi menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang dipakai oleh sebagian besar pemrogram professional.

demikian ihwal sejarah dan pengertian dari bahasa c++ semoga bisa menambah ilmu kalian ihwal sejarah dan pengertian c++

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
Ahmad Code

Share
Published by
Ahmad Code
Tags: cplus

Recent Posts

Source code Aplikasi Perpustakan Menggunakan PHP MySQL

Pada kesempatan ini kami kembali mensharing koleksi Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Basisdata…

2 hours ago

Source code aplikasi kantin sederhana menggunakan php

Aplikasi Pemesanan Kantin Sederhana Tentang Aplikasi Dengan Boostrap 3.3.1 Pure Javascript Slim Framework (Hanya Routing…

8 hours ago

Source code aplikasi perpustakaan berbasis web

Seringkali kita memasuki sebuah perpustakaan untuk memilih sebuah buku yang akan di pinjam.Tanpa pikir panjang…

14 hours ago

Source code aplikasi blog CMS menggunakan codeigniter

Bagi anda yang senang bereksplorasi di dunia pemograman khususnya php, kali ini kami bagikan secara…

20 hours ago

Source code aplikasi peminjaman buku perpustakaan berbasis php

Mengingat perkembangan Zaman memang generasi muda saat ini lebih kreatif untuk mencari ilmu, sehingga mereka…

1 day ago

Source code aplikasi kasir berbasis php

Berikut ini kami bagikan sebuah source code aplikasi php secara gratis kepada anda, yaitu aplikasi…

1 day ago