Download Source Code Aplikasi

Struktur Bahasa C++

Sunday, January 12th, 2020 - Pengenalan
Secara umum, stuktur bahasa pemrograman C++ yakni menyerupai dibawah ini:
// referensi kegiatan C++                                        

#include <iostream.h>

int main ()

{

  cout << “Selamat Belajar C++”;

  return 0;

}


Hasil output:
Selamat mencar ilmu C++
Sisi atas merupakan source code, dan sisi bawah yakni akhirnya sehabis di-kompile dan di-eksekusi.

persatu Program diatas merupakan salah satu kegiatan paling sederhana dalam C++, tetapi dalam kegiatan tersebut mengandung komponen dasar yang selalu ada pada setiap pemrograman C++. Jika dilihat satu :

// referensi kegiatan C++
Baris ini yakni komentar. semua baris yang diawali dengan dua garis miring (//) akan dianggap sebagai komentar dan tidak akan kuat terhadap program. Dapat dipakai oleh programmer untuk menyertakan klarifikasi singkat atau observasi yang terkait dengan kegiatan tersebut, dan kode (//) hanya akan membaca komentar satu baris saja.

#include <iostream.h>
Kalimat yang diawali dengan tanda (#) yakni are preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Dalam kasus ini kalimat  #include <iostream.h> memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standard iostream. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C++ dan file ini disertakan alasannya yakni fungsi-fungsinya akan dipakai nanti dalam program.

int main ()
Baris ini mencocokan  pada awal dari deklarasi fungsi main. fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh kegiatan C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dihukum pertama kali. Pada dasarnya, seluruh kegiatan C++ mempunyai fungsi  main. 
main diikuti oleh sepasang tanda kurung () alasannya yakni merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, sanggup berisi argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti,berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), menyerupai dalam contoh.

cout << “Selamat mencar ilmu C++”;
Intruksi ini merupakan hal yang paling penting dalam kegiatan contoh. cout merupakan standard output stream dalam C++ (biasanya monitor). cout dideklarasikan dalam  header file iostream.h, sehingga supaya sanggup dipakai maka file ini harus disertakan. 
Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menerangkan final dari isyarat dan harus disertakan pada setiap final isyarat pada kegiatan C++ manapun. 

return 0;
Intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti isyarat tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering dipakai untuk mengakhiri program. 


Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 17 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Struktur Bahasa C++ | Ahmad Code | 4.5