Download Source Code Aplikasi

Tutorial Cara Mengkonfigurasi Allowed VLAN dan Native VLAN

Sunday, February 16th, 2020 - Tutorial Programming, Uncategorized

  1. Allowed VLAN

Seperti yang kita tau, trunk membawa informasi VLAN-VLAN yang ada pada kedua switch yang berbeda. Jika default, trunk membawa semua VLAN/mengizinkan semua VLAN melewati trunk tersebut. Jika diibaratkan kedua switch yaitu jalan yang terpisah oleh sungai dan trunk yaitu jembatannya, dan VLAN tertentu lah yang boleh melewati jembatan tersebut. Untuk itulah fungsi Allowed VLAN, semoga sanggup memilah VLAN mana yang akan melewati jalur trunk tersebut. Contoh untuk konfigurasinya :

Lalu untuk mengecek vlan yang boleh melewati trunk tersebut dengan perintah

 

2. Native VLAN

Native VLAN yaitu VLAN yang didesain untuk mensupport switch” usang yang tidak mengerti 802.1q tagging. Kaprikornus Native VLAN akan di untagged saat berkomunikasi, Native VLAN selalu VLAN 1 secara default tetapi sanggup diubah ke VLAN lain. saat Native VLAN di satu switch diubah maka switch tetangga juga harus mengubah Native VLAN jikalau tidak akan ada pesan error dan kedua switch tidak sanggup berkomunikasi. Contoh konfigurasinya untuk mengubah Native VLAN.

Cek kembali dengan perintah

 

Lalu bila terjadi error yang bertuliskan

 

Yaitu alasannya yaitu Native_VLAN_Mismatch

Oleh alasannya yaitu itu harus dikonfigurasikan juga di Switch yang lain.

 

SELAMAT MENGERJAKAN

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 4 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Cara Mengkonfigurasi Allowed VLAN dan Native VLAN | admin | 4.5