Download Source Code Aplikasi

#Vb Net Part 1 – Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula

Friday, June 3rd, 2016 - lainnya
cover%2Bvb.net - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Hallo sobat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Ok, kali ini saya akan membagikan tutorial perihal “BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA”. Sebenarnya judul tutorial ini tepatnya ialah “PENGENALAN VISUAL BASIC NET(VB.Net)”. VISUAL BASIC NET biasa disingkat dengan VB.Net saja. Setahu saya, VB.Net sebenarnya ialah pengembangan dari Visual Basic 6.0 atau biasa di singkat VB 6. Dimana beberapa pakar Programer pernah menyampaikan bergotong-royong VB 6 masih belum OOP(Object  Oriented Programing). Oleh alasannya itu, para pengembang Bahasa Pemrograman Visual Basic membuat sebuah terobosan atau pengembangan terhadap visual basic. Yang tadinya VB 6 bermigrasi ke VB.Net. Sehingga VB.Net sudah dinyatakan OOP(Object  Oriented Programing). Untuk perihal OOP, saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa itu OOP. Karena disini saya hanya akan membahas sesuai judul, yaitu perihal “BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA” saja. Bagi sobat-sobat yang ingin mencari perihal apa itu OOP(Object  Oriented Programing), silahkan agan cari di Mbah GOOGLE saja y sobat…! hehehe…
Nah, tutorial ini sebenarnya saya buat bagi sobat-sobat yang ingin memulai berguru pemrograman VB.Net, tapi tidak tahu harus mulai dari mana..?? Maka dari itu saya akan mencoba menjelaskan kepada sbat-sobat bagaimana cara memulai berguru Bahasa Pemrograman Visual Basic Net. Ok, tanpa basa bau lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya : 

1. Download Software Visual Studio 2010/2012/2013/2015
1%2Bdownload%2B1 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Untuk langkah pertama ini, anda harus mendownload Visual Studio terlebih dulu. Untuk VB.net, silahkan anda download Visual Studio versi 2008, atau Visual Studio versi 2010, atau Visual Studio versi 2012, atau Visual Studio versi 2013, atau Visual Studio versi 2015. Karena VB.net sudah terdapat di dalam satu paket Software Visual Studio 2008 keatas. Untuk mendownloadnya, silahkan anda cari saja pada Mbah GOOGLE ya sobat…, Karena ukuran File-nya tidak mengecewakan cukup besar. Untuk Visual Studio 2010 Ultimate saja ukuran File-Nya lebih dari 2 Giga Byte. Dan setahu saya, hingga ketika ini pada ketika artikel ini saya buat, Visual Studio versi terakhir ialah Visual Studio 2015. Namun pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskannya memakai Visual Studio 2010 Ultimate saja. Karena berdasarkan saya, Visual Studio yang paling Stabil itu ialah Ultimate.

2. Install Visual Studio
2%2Binstall%2Bvisual%2Bstudio%2B2010 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Setelah anda mendownload Software Visual Studio-nya, langkah selanjutnya silahkan anda Install Visual Studio-nya menyerupai biasa di PC/Laptop anda. Untuk menginstall Visual Studio anda harus sedikit agak bersabar ya sobat…!! Karena menginstall Visual Studio membutuhkan waktu tidak mengecewakan lama…, Kaprikornus harus sedikit bersabar ya sobat.

3. Jalankan Visual Basic Net
3 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Setelah anda menginstall Visual Studio anda, selanjutnya silahkan anda buka Visual Studio anda. Untuk langkah membuka aplikasi Visual Studio 2010 Ultimate yang sudah anda install tadi, saya rasa anda sudah tahu caranya. Bagi anda yang masih bingung, silahkan anda perhatikan langkah-langkah untuk membuka/menjalankan Visual Studio 2010 Ultimate pada gambar yang ada pada langkah 3 ini. Dimana disini saya menjalankan Visual Studio 2010 Ultimate ini di atas Windows 10.

4. Pengenalan Antarmuka Visual Studio
4 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Setelah anda menjalankan Visual studio-nya, kurang lebih balasannya akan menyerupai pada gambar di atas, yaitu pada langkah 4 ini.

5. Membuat Project Baru Visual Basic Net
Selanjutnya, semoga kita sanggup melihat antar muka atau tampilan utama dari Visual Basic Net, kita harus membuat project gres VB Net terlebih dulu. Caranya :
a. silahkan anda klik “File->New->Project…” menyerupai gambar dibawah ini :
5.1 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
b. Setelah itu akan tampil beberapa pilihan Menu Bahasa Pemrograman yang akan kita gunakan. Karena kita akan memakai Visual Basic, maka silahkan anda pilih sesuai menyerupai pada gambar dibawah ini :
5.2 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Jika sudah sesuai dengan impian ada, lalu silahkan anda klik “Ok” menyerupai gambar berikut :
5.3 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula

6. Antar Muka Visual Basic Net (VB Net)
6 - #Vb Net Part 1 - Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula
Setelah langkah 5 anda lakukan tadi, maka selanjutnya akan tampil Antar Muka Project Visual Basic Net anda. Kurang lebih tampilannya akan menyerupai pada gambar diatas, yaitu pada langkah 6 ini. Dimana :
Toolbox -> ialah alat-alat yang akan kita gunakan nantinya dalam pembuatan aplikasi desktop.
Untuk tutorial lanjutannya, silahkan anda baca perihal “PART 2 TUTORIAL DASAR VB.NET – CODING PERTAMA”.
Form -> ialah media untuk menempatkan alat-alat yang ada pada Toolbox.
Solution Explorer -> ialah media untuk menampilkan form-form yang akan kita buat nanti.
Properties -> ialah daerah dimana kita akan men-Setting alat-alat yang ada pada form, maupun untuk men-Setting form yang akan kita buat nantinya.
Untuk membaca artikel lainnya perihal “Kumpulan Tutorial Pemrograman” silahkan klik disini.

Untuk selanjutnya, silahkan anda baca artikel lanjutan dari artikel ini, yaitu tentang
#VB.NET PART 2  – TUTORIAL CARA MEMBUAT PROJECT BAR“.
 

Sekian tutorial dari saya perihal “TUTORIAL BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA “, dan bagi anda yang ingin download tutorial ini berupa PDF, silahkan klik #VB.NET PART 2  – TUTORIAL CARA MEMBUAT PROJECT BARU“.

Dan salah serta kurangnya dalam penulisan tutorial saya ini, saya mohon ma’af, karna saya juga masih tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.
Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.
(Telah didownload 52 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
#Vb Net Part 1 – Tutorial Berguru Visual Basic Net (Vb.Net) Untuk Pemula | Ahmad Code | 4.5

Hosting Unlimited Indonesia