Download Source Code Aplikasi

Tutorial Codeigniter 3 : Langkah Gampang Mengintegrasikan Tinymce Dengan Codeigniter

Monday, August 26th, 2019 - CodeIgniter, Tutorial

Bagi kalangan Developer Web istilah TinyMCE sudah tidak aneh lagi Tutorial CodeIgniter 3 : Langkah Praktis Mengintegrasikan TinyMCE Dengan CodeIgniterBagi kalangan Developer Web istilah TinyMCE sudah tidak aneh lagi. TinyMCE merupakan open source teks editor untuk web.

Fungsi TinyMCE ini yaitu mengubah  form text area menjadi menjadi text editor dengan banyak sekali fitur. Fiturnya antara lain menebalkan huruf, menciptakan karakter miring (italic) , menggaris bawahi teks dan format format teks lainnya.


Kali ini cumacoder.com akan memperlihatkan tutorial sederhana untuk mengintegrasikan CodeIgniter dengan TinyMCE. 

Langkah Pertama : Siapkan CodeIgniter Dan TinyMCE

Ya yang pastinya kita harus lebih dahulu mendownload CodeIgniter di http://www.codeigniter.com  dan TinyMCE di https://tinymce.com . Setelah mendownloadnya silahkan ekstrak file yang telah di untudh tadi. Biasanya file yang didownload berupa Copressed File atau ZIP. 

Jika simpulan mati ke langkah selanjutnya.

Langkah Kedua : Menempatkan Folder TinyMCE ke Dalam Folder CodeIgniter
Sebelum menempatkan Folder TinyMCE ke dalam Folder Codeigniter. Kita buat terlebih dahulu folder assets di dalam folder CodeIgniter . Fungsi folder assets ini yaitu untuk meletakan file file open source yang akan di integrasikan dengan codeIgniter ibarat Bootstrap, Responsive File Manager , atau TinyMCE. 
Jika sudah dibentuk folder assets nya. Sekarang letakan folder TinyMCE ke dalam folder asstets tadi. Penampakannya ibarat ini.
Bagi kalangan Developer Web istilah TinyMCE sudah tidak aneh lagi Tutorial CodeIgniter 3 : Langkah Praktis Mengintegrasikan TinyMCE Dengan CodeIgniter
Sampai langkah ini kita sudah menyatukan TinyMCE dan CodeIgniter. Mari Kita ke langkah ketiga Untuk coding TinyMCE agar dapat digunakan.
Langkah Ketiga : Coding Untuk Viewnya.
Jika anda membaca artikel ini, aku yakin anda sudah mengerti dengan controller dan view pada CodeIgniter. Dan mengubah pengaturan base_url pada file /application/config/config.php. Atau baca artikel berikut untuk menghilangkan index.php pada codeigniter :
Untuk codingan file viewnya bisa lihat di bawah ini :
Bagi kalangan Developer Web istilah TinyMCE sudah tidak aneh lagi Tutorial CodeIgniter 3 : Langkah Praktis Mengintegrasikan TinyMCE Dengan CodeIgniter
Pada baris ketiga merupakan coding untuk memanggil TinyMCEPada baris keempat hingga kesembilan, kita gunakan fungsi tinymce.init untuk menginisialisasi/mengenerate form textarea menjadi teks editor TinyMCE berdasarkan id form textarea. 

Pada codeingan diatas aku memperlihatkan id mytextarea pada form textarea. Hasilnya ibarat berikut. 

Bagi kalangan Developer Web istilah TinyMCE sudah tidak aneh lagi Tutorial CodeIgniter 3 : Langkah Praktis Mengintegrasikan TinyMCE Dengan CodeIgniter

Demikian yang dapat kami share kepada sobat source code aplikasi pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pemrograman bagi anda. Jangan lupa like Fan Page kami, dan SUBSCRIBE Channel Youtube kami untuk dapatkan update source code aplikasi terbaru.

(Telah didownload 13 kali, 1x didownload hari ini)
Download Source Code Aplikasi
Tutorial Codeigniter 3 : Langkah Gampang Mengintegrasikan Tinymce Dengan Codeigniter | admin | 4.5


error: Content is protected !!